Beranda Daerah Kotamobagu Pemkot Dukung Rencana Desa Bilalang I Wujudkan Smart Village

Pemkot Dukung Rencana Desa Bilalang I Wujudkan Smart Village

347
0
ilustrasi (istimewah)

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Dinas  Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mendukung penuh rencana  pencanangan Desa Bilalang I (Satu), Kecamatan Kotamobagu Utara menuju Smart Village atau desa pintar

“Kami mensupport penuh rencana hebat dari Pemerintah Desa Bilalang Satu untuk memamfaatkan teknologi dalam pelayanan publik. Ini langkah menuju smart village atau desa pintar,” Kadiskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, Kamis (17/10/2019) .

Dikatakanya, terkait road map pencanangan desa pintar mulai disiapkan. Kemudian Pemdes Bilalang I menyiapkan anggaran dan juga SDM yang akan diberi pelatihan nanti.

“Kordinasi dengan Sangadi Desa Bilalang I sudah ada.  Terkait penyedian SDM oleh Bilalang I untuk diberi pelatihan terkait informasi dan teknologi siap kita lakukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara merumuskan pemamfaatan IT dalam pelayanan kepada masyarakat di tahun 2020 mendatang. Menurut Sekretaris Desa (Sekdes) Bilalang I, Hartono Mamonto, pihaknya kini tengah merencanakan pembuatan website desa yang memuat beberapa fitur layanan kepada masyarakat.

“Kita berencana untuk membuat website desa. Nanti di website itu masyarakat bisa mengakses beberapa pelayanan dari pemerintah desa. Misalnya, pembuatan surat-surat yang sifatnya tidak terlalu beresiko seperti surat keterangan usaha bisa langsung lewat online,” terangya.

Selain untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, website tersebut juga akan memuat tentang informasi desa secara detail dan faktual.

“Jadi untuk mengetahui seluruh yang ada di Desa Bilalang I, bisa lewat website yang akan kita buat. Begitu juga misalnya ada kebutuhan dari instansi-instansi, misalnya jumlah penduduk, luas wilayah, dan beberapa informasi lainnya,”pungkasnya.(*/irg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini