INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Terobosan Pemerintah Kota Kotamobagu mengembangkan tata kelola pemerintahan berbasis digital mulai dilirik sejumlah daerah lainya sebagai rujukan. Tak sedikit pula pemerintah dari luar daerah sering melakukan studi komparasi terkait sistem e-govermen. Kali ini, Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemkot Kotamobagu dikunjungi Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa Tengara (Mitra) dalam rangka kunjungan kerja studi komparasi konsultasi penyusunan Master Plan Teknologi Informasi dalam menuju Smart City, Selasa (6/11/2018).

Kepala Bidang TIK Diskominfo Kotamobagu, Yusrin Mantali, mengatakan pada prinsipnya Pemkot Kotamobagu dan Pemkab Minahasa mempungai misi yang sama guna mengembagkan tata kelola pemerintahan berbasis digital. Ia pun siap memberikan masukan dan saran terkait terkait tata cara pengembangan sistem e-govermen yang terintegrasi melalui data center.

“Kami siap membantu pengembanganya guna meningkatkan kualitas proses pelayanan terhadap masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Franki Rondonuwu, sebagai Ketua tim Kunjungan Kerja (Kunker) Diskominfo Mitra, mengatakan, dijadikanya Kotamobagu sebagai rujukan merupakan tindak lanjut dari kunjungan kerja Bupati Mitra di Data Center Pemkot Kotamobagu beberapa waktu lalu.

“Sesuai dengan arahan pak bupati, kedepan akan membuat data center seperti yang ada di Kotamobagu. Perencanaanya mulai kami siapakan. Kotamobagu salah satu yang masuk daerah yang akan jadikan studi komparasi,” terangnya.

Ia mengatakan, rencana pembuatan data center akan disesuiakan dengan anggaran.”Data center sudah menjadi kebutuhan saat ini. Apalagi saat ini sudah masuk era digitilasisi. Nantinya proses perencanaan, sampai pengadaan fasilitas pendukung data center kami konsultasikan dengan Pemkot Kotamobagu,” katanya.(irg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here