Rastono Sumardi

Kotamobagu – Total sekitar 3 miliar rupiah diusulkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kotamobagu untuk pembangunan kembali gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Motoboi Besar, pasca rusak berat akibat kebakaran pada 30 januari 2020 lalu.

Menurut Kepala Disdik Kotamobagu Rukmi Simbala melalui Sekretaris Dinas, Rastono Sumardi, pembangunan kembali gedung SD Negeri 1 Motoboi Besar ini, menjadi prioritas pihaknya untuk tahun 2021 mendatang.

“Sudah kami ajukan melalui APBD tahun 2021 untuk membangun 6 ruangan kelas. Sebagian anggarannya juga nanti diambil dari DAK, tapi hanya untuk jamban dan perpustakaan sekolah,” kata Rastono saat ditemui media ini, di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Rastono menjelaskan, bahwa penganggaran untuk bangunan baru tidak bisa lagi dibiayai secara keseluruhan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).  “Skema penganggaran pemerintah pusat sekarang ini hanya bisa rehab sedang. Sementara ini total bangun baru. Jadi kami harus gunakan anggaran DAU,” terangnya.

Sebagai informasi, peristiwa kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu itu, menghanguskan seluruh bangunan sekolah, sehingga kegiatan belajar mengajar dialihkan ke gedung SD Negeri 2 Motoboi Besar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here