INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU –Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) mulai mewabah di sejumlah daerah di Sulawesi Utara. Hal ini kiranya menjadi perhatian serius pemerintah dan masyarakat guna mencegah penyakit yang mematikan tersebut. Di Kotamobagu sendiri tercatat hingga Januari 2019, sediktinya ada 12 kasus yang terlapor di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu.
Kepala Dinas Kesehatan, Devi Ch Lala, mengatakan, rata-rata pasien yang terserang penyakit DBD dari kalangan anak-anak hingga dewasa.
“Laporan yang masuk, ada dua belas kasus DBD di Kotamobagu. Untuk tempatnya saya belum tahu pasti. Penderita DBD anak-anak dan dewasa,” katanya, Rabu (9/1/2019).

Dijelaskanya, di musim penghujan seperti ini, sarang nyamuk bisa muncul disejumlah tempat. Seperti diselokan. Sehingga langkah antisipasi dari masyarakat untuk pencegahan DBD harus lebih dimaksimalkan lagi.
“Cara yang paling efektif itu melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk).
Sebab jika dilakukan Fogging, itu hanya bisa membunuh induk nyamuk, tapi tidak pada jentik nyamuk, hasilnya tidak maksimal, ” jelasnya.
“Pemberantasan dengan tiga M Plus. Menguras, Menutup, Menimbun, dan Memakai hand body anti nyamuk. ini bisa dilakukan oleh masyarakat,” terangnya (irg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here