Kotamobagu – Pemerintah Desa (Pemdes) Bilalang I, Kecamatan Kotamobagu Utara mengambil kebijakkan untuk melakukan pembukaan area pemukiman baru yang terletak di wilayah perkebunan yang berbatasan langsung dengan Desa Passi 2, Kecamatan Passi Barat, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Langkah ini pun mendapat dukungan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkot Kotamobagu yang pada Senin (8/6/2020) kemarin melakukan monitoring terhadap pembukaan akses jalan di area pemukiman baru yang masuk pada program Padat Karya Tunai (PKT) tersebut.

Sangadi Bilalang I, Hj Badaria A Mokoginta mengatakan, upaya Pemdes Bilalang I untuk pembukaan dan perluasan area pemukiman baru tersebut mendapatkan dukungan dari Pemkot, dan khususnya dari masyarakat.

“Lokasi perluasan desa ini berada di wilayah perkebunan yang berbatasan langsung dengan Desa Passi 2. Masyarakat menghibahkan lahannya untuk pembuatan jalan baru sepanjang enam meter sudah bersama dengan drainase-nya. Ada pula monitoring yang langsung dilakukan Kepala Dinas PMD, dan beliau memberikan respon positif,” kata Badaria Kamis (11/06/2020).

Badaria menambahkan, di lokasi perluasan desa tersebut dekat dengan area parawisata batu putih malelang. Sehingga ke depannya, area perluasan desa tersebut dapat menunjang keberadaan pariwisata yang ada di Desa Bilalang I.
“Titik perluasan desa ini dekat juga dengan destinasi pariwisata batu putih malelang. Sehingga kita berharap ke depannya, area yang baru kita buka ini bisa saling menunjang dengan keberadaan pariwisata di Bilalang Satu,” tambah Badaria.

Ada pun untuk teknis pembukaan area perluasan desa tersebut, Pemdes Bilalang I membuka akses jalan selebar 6 meter dengan panjang 194 meter. Ke depannya, akan dilakukan pengerasan dengan menaburkan material sirtu di jalan yang baru dibuka tersebut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here