Kotamobagu – Pengumuman pemenang KotaBISA (Kotamobagu Bersih Indah Sanitasi Aman) Award tahun 2020 resmi diumumkan. Pengumuman dilaksanakan di sela – sela pelaksanaan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75, Senin (17/08/2020) di lapangan Bokihotinimbang Kotamobagu. Salah satunya yakni Pemerintah Desa Bilalang I sebagai juara 1.

Tahapan Penganugerahan KotaBISA Award sudah dilaksanakan semenjak bulan Januari tahun 2020. Penilaian dibagi dua kategori, yaitu kategori Desa dan Kategori Kelurahan. Adapun  indikator yang dinilai yaitu terkait pengelolaan Air Limbah dan Pengelolaan Persampahan. Tim penilai dari anggota Pokja Sanitasi Kotamobagu yang terdiri dari OPD yang terkait langsung dengan sanitasi dan tim penilai independen dari tenaga ahli bidang sanitasi.

Rencananya, Pemerintah Kotamobagu melalui Bappelitbangda akan kembali melaksanakan kegiatan yang sama tahun 2021. Desa dan kelurahan diharapkan agar bisa ikut pada pada penganugerahan tersebut. Hal ini sangat penting, sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk menuntaskan target sanitasi yang layak untuk masyarakat di Kotamobagu.

Kepala Desa (Sangadi) Bilalang I, Badariah Mokoginta berterimakasih kepada Walikota Kotamobagu Ir. Tatong Bara dan Wakil Walikota Kotamobagu Nayodo Koerniawan, atas award kepada Pemdes Bilalang I.

“Pemdes Bilalang I ucapkan banyak terimakasih kepada Pemkot Kotamobagu, atas Award KotaBISA, begitu juga kepada seluruh stakeholder Desa Bilalang I yang turut membantu menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah serta sanitasi yang ada di Bilalang I,”ucap Sangadi.

Berikut dafar pemenang KotaBISA Award tahun 2020 :

Kategori Kelurahan

Juara I             : Kelurahan Motoboi Kecil

Juara II            : Kelurahan Mongkonai Barat

Juara III           : Kelurahan Biga

 

Kategori Desa

Juara I             : Desa Bilalang I

Juara II            : Desa Kopandakan I

Juara III           : Desa Sia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here