INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU — Sektor pertanian, masih menjadi unggulan di Desa Moyag Tampoan, Kecamatan Kotamobagu Timur. Tak heran, aneka bibit tanaman perkebunan cukup menjanjikan untuk di jadikan Bisnis. Hal ini yang disadari, Yonce Mamangkey (62) salah seorang warga Desa Moyag Tampoan.

Yonce memulai usaha pembibitan komoditi tanaman pertanian sejak puluhan lalu, bisnis pembibitannya cukup laris dan tersebar di mana-mana. Ada beragam komiditi yang di kembangkan oleh pak oce sapaan akrabnya, diantaranya, bibit Cengkeh, Kakao, Kopi, kemiri dan dan sayuran lada. “Ada juga dari provinsi yang memesan bibit disini. Jadi setiap kegiatan pengembangan pertanian di BMR, maka dari provinsi sudah melakukan pemesanan bibit disini dengan skala besar,” kata Oce, saat disambangi di tempat pembibitannya, Selasa, (09/07/2019).

Pak Oce yang juga pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Perkebunan Bolmong ini mengungkapkan, ada beberapa daerah yang memesan ribuan bibit disni. Bibit yang dibeli disini dari Dana Desa (Dandes) yang bakal disalurkan ke Masyarakat. “Sudah ada beberapa desa yang memesan bibit disini, lewat danan desa. Disalurkan di Dua Kabupaten, yaitu Bolmong Induk dan Bolaang Mongondow utara (Bolmut), itu ada sekitar 80 Ribu bibit yang dipesan,” ungkapnya

Peneyedia bibit tanaman ini sangat berpotensi, bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal serta mampu membuka lapangan kerja bagi yang ada di Desa Moyag. “Paling banyak itu saya membuat 400 ribu bibit cengkeh, tentunya memerlukan tenaga sebanyak 80 orang, yang digaji sebesar 100 Ribu untuk pengisian Seribu Folibek. Ada juga yang digaji setiap bulannya. Nah, ini yang diharapka kedepan akan ada pengambangan lagi sehingga petensi lapangan pekerjaan bagi Warga Moyag terus berkembang,” ujarnya

Terpisah, Kepala Desa Moyag Halidun Tungil mengatakan, usaha pembibitan yang dikembangkan memang sangat membuka potensi lapangan pekerjaan bagi warga desa Moyag. Untuk itu, pihaknya terus mendorong serta memfasilitasi pengembangan pembibitan berbagai komoditi tanaman pertanian di Desa Moyag. “Ini juga salah satu program Pemerintah Desa (Pemdes) Moyag dalam mendorong berbagai potensi yang ada. Salah satunya adalah pengembangan pembibitan komoditi pertanian,” pungkasnya.

 

Ir Gilalom

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here