Irianto Mokoginta

Kotamobagu – Munculnya berbagai isu yang berpotensi memecah bela persatuan dan kesatuan mendapat respon dari Kepala Badan (Kaban), Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kota Kotamobagu, Irianto Mokoginta.

Irianti mengatakan, untuk mengantisipasi kesalahpahaman Jumat (14/02/2020), akan menggelar kegiatan pembinaan Organisasi Masyarakat (Ormas), pada triwulan dua mendatang.

“Saat ini kita masih focus pada entri BPK, tapi kita sudah merencananakan kegiatan (Pembinaan Ormas), termasuk di dalamnya juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), untuk kemudian diberi atau diajak untuk tidak terprovokasi dan tidak pula memprovokasi,” katanya.

Selain itu, Kesbangpol juga selalu berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kotamobagu, guna memberikan penyejukan dan pencerahan bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai isu dan gesekan yang terjadi.

“Tokoh-tokoh agama ini penting untuk jadi penengah, di tengah masyarakat. Karena kita tidak tahu, tingkat pengetahuan semua masyarakat, termasuk mudah tidaknya terprovokasi informasi yang tidak benar,” ujarnya.

Dirinya juga mengajak, insan media untuk tidak memberitakan berita bohong atau Hoaks, dan mengedepankan praktek Jurnalisme Damai dalam memberikan informasi.

“Olehnya, saya mengajak teman-teman (wartawan), terutama yang melakukan peliputan di wilayah Kota Kotamobagu, untuk menjadi penyejuk. Melakukan kerja sebagaimana mestinya yang menjadi landasan profesionalisme dan etik, agar bisa memberi hawa positif dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.(Zak)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here