Kotamobagu – Berbekal pengalaman serta pengetahuan yang mumpuni dalam bidang pertanian, Akbar Damopolii, pemuda asal Kelurahan Motoboi Kecil Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu, sukses mengembangkan sejumlah bibit tanaman buah-buahan.

Adapun bibit buah-buahan yang berhasil dikembangkan Akbar, yakni, bibit rambutan, durian, cokelat, alpukat dan jenis buah-buahan lainnya.

Alhasil, berkat usaha yang ditekuninya sejak tahun 2010 lalu itu, dalam sebulan ia mampu mengahasilkan jutaan rupiah hingga puluhan juta dari hasil penjualan bibit-bibit tersebut. “Penjualannya dalam sebulan mencapai Rp10 juta bahkan lebih jika sudah masuk musim tanam,” ungkap Akbar kepada media ini, Senin (24/8/2020).

Ia juga mengungkapkan, bibit buah-buahan yang dikembangkan ini sudah dilakukan sambung pucuk dengan sejenisnya  tapi memiliki kwalitas yang baik. “Seperti alpukat, sudah disambung dengan alpukat mentega yang diambil dari Desa Toraut ,Kabupaten Bolmong, dimana bibit alpukat mentega tersebut dibawah langsung oleh Presiden Republik Soeharto  waktu itu disela-sela peresmian bendungan di Desa Toraut. Begitu juga dengan tanaman-tanaman yang lainnya,” akunya.

Sementara untuk harga setiap bibitnya kata Akbar, bervariasi, mulai dari Rp12 ribu sampai 70 ribu. “Pembelinya bukan hanya dari Kota Kotamobagu, tapi sampai luar daerah seperti dari Gorontalo. Jadi yang berminat silahkan datang langsung ke tempat pengembangan bibit kami di Kelurahan Motoboi Kecil, atau bisa juga menghubungi via WhatsApp 0853-4397-3206,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here