Beranda Kota Bitung Tingkatkan Kapasitas Kader TP-PKK Dikota Bitung Lewat Bimtek Di Bali, Ny,...

Tingkatkan Kapasitas Kader TP-PKK Dikota Bitung Lewat Bimtek Di Bali, Ny, Rita Mantiri Tangkudung Harapkan Hal Ini

65
0
Ketua TP-PKK saat mengikuti Peningkatan Kapasitas Kader PKK melalui Bimtek Penguatan dan Pengelolaan Program PKK dilaksanakan di kabupaten Badung Provinsi Bali. Bimtek ini dilaksanakan pada 6-8 november 2023.

IKNnews Bitung Peningkatan Kapasitas Kader PKK melalui Bimtek Penguatan dan Pengelolaan Program PKK dilaksanakan di kabupaten Badung Provinsi Bali. Bimtek ini dilaksanakan pada 6-8 november 2023. Narasumber dari TP. PKK Kab. Badung Ni Wayan Susianti S.ST Keb serta dari Dinas PMD Desak Made Oktisilawati, S.STP, MAP serta melakukan kunjungan lapangan di Dinas Lingkungan Hidup Kab. Bangli didampingi langsung oleh Kepala Dinas Bpk. DR. I Putu Ganda, M.Si.

 

Best practice terkait keberhasilan pengelolaan program yang dipaparkan oleh narasumber TP PKK Kab. Badung menjadi bekal bagi kader PKK Kota Bitung untuk menyiapkan program yang lebih inovatif seperti adanya layanan bus pemeriksaan IVA test/pap smear/mamografi yang keliling langsung menemui masyarakat, adanya gerakan keterlibatan kader PKK penjangkauan bayi/balita beresiko Stunting dari rumah ke rumah, adanya TPST di setiap kelurahan dan setiap lingkungan ada pengelolaan Bank Sampah, adanya pemanfaatan pekarangan tematik yakni di tiap lingkungan ada penanaman 1 jenis pangan.

 

Materi Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran 10 program pokok PKK Serta materi Peran PKK dalam perencanaan pembangunan Dipaparkan oleh Narasumber dari Dinas PMD Kab. Badung, membuat semua peserta terkesima karena keberhasilan perencanaan dan pengelolaan program PKK di kab. Badung yang terintegrasi dengan program kegiatan pemerintah sebagai mitra kerja. Dengan ketersediaan anggaran yang memadai sehingga memantapkan pelaksanaan program kegiatan TP PKK mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan Kabupaten.

 

Keterlibatan PKK harus dari proses perencanaan pembangunan, pelaksanaan bahkan pengawasan dan evaluasi pembangunan. Kader PKK harus bergerak mulai dari kelompok Dasawisma dan ketua-ketua PKK menjadi motor penggerak di setiap jenjang.

 

Saat kunjungan lapangan di desa wisata terbersih no.3 dunia yakni desa panglipuran dijelaskan detail oleh kadis LH Kab. Bangli bahwa keberhasilan menerapkan program kebersihan di kab. Bangli salah satunya adalah pengolahan sampah melalui Bank Sampah sebanyak 242 tersebar di seluruh lingkungan/RT. Pengelolaan Bank Sampah secara mandiri oleh masyarakat bersama lembaga adat

 

Ketua TP PKK Kota Bitung Ny. Rita Mantiri Tangkudung berharap dengan adanya Bimtek ini yang merupakan hal pertama bagi kader PKK Kota Bitung dapat menambah wawasan dan peningkatan kapasitas bagi kader PKK

 

Disela kegiatan Bimtek, tiap kecamatan juga menampilkan atraksi dengan materi terkait program PKK dan TP PKK Kecamatan Maesa menjadi Juara I karena tampil kompak, kreatif dengan materi ketahanan keluarga serta cegah Stunting.

Peserta Bimtek adalah ketua ketua bidang, ketua ketua pokja, ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan sekota bitung.

(Cax)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini