Beranda Nasional Unimus Semarang Gelar Pelatihan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan Berbasis Web

Unimus Semarang Gelar Pelatihan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan Berbasis Web

54
0
Gambar : Unimus Semarang Gelar Pelatihan Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan Berbasis Web, Kendal (10/10/2023).

TNews, KENDAL – Universitas Muhamadiyah Semarang (Unimus) menggelar sosialisasi pelatihan implementasi sistem informasi “Desa Cerdas”. Selasa (10/10/2023).

Dengan tema tentang Sistem Informasi Pelayanan Kependudukan Berbasis Web.

Hadir pada acara tersebut, selain para narasumber dari Unimus, hadir juga kepala desa, anggota karang taruna, guru, dan pelaku UMKM serta anggota PKK desa setempat.

Kepala Desa Kumpulrejo Kecamatan Patebon Kendal Faison dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada civitas akademika Unimus yang telah memilih desanya sebagai tempat sosialisasi.

Kepala desa juga berharap dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat Kumpulrejo mampu mengimplementasikan dan mengembangkan serta meningkatkan kemampuan di bidang IT baik secara individu maupun kelompok.

“Dengan pesatnya perkembangan tehnologi informasi dan gempuran medsos seperti saat ini diperlukan pelatihan literasi digital kepada masyarakat, agar masyarakat melek teknologi,” terang Kades.

Di tempat sama, ketua tim pengabdian masyarakat yang sekaligus sebagai Ketua Program
S1 Statistika Indah Manfaati Nur menerangkan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan program pengabdian masyarakat ini diadakan oleh Program Studi S1 Statistika Unimus Semarang yang bekerjasama dengan program studi Scince data.

Indah berharap agar sistem ini bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat Kumpulrejo khususnya untuk mempersingkat waktu pelayanan kependudukan.

“Dulu saat pelayanan masih menggunakan sistem menual, masyarakat harus datang ke kantor kelurahan atau ke balaidesa, sekarang dengan sistem ini bisa dilakukan secara mandiri,” terangnya.

Dijelaskan Indah, desa Kumpulrejo terpilih menjadi tempat sosialisasinya disebabkan karena desa Kumpulrejo merupakan desa binaan dari badan statistik kabupaten Kendal.

“Selain itu, Kumpulrejo merupakan salah satu desa yang websitenya relatif aktif se-Kabupaten dan ini merupakan program bantuan dari Kemendikbud Dikti tahun 2023,” imbuhnya.*

Reporter : Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini