Beranda Advetorial Fenomena El Nino Mengancam Sejumlah Daerah Termasuk Buton Tengah

Fenomena El Nino Mengancam Sejumlah Daerah Termasuk Buton Tengah

258
0
Kadis BPBD Buton Tengah, Aminuddin. (Foto : Muhammad Shabuur/Infokini.news).
Kadis BPBD Buton Tengah, Aminuddin. (Foto : Muhammad Shabuur/Infokini.news).

IKNEWS, BUTON TENGAH – Fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) atau biasa disebut El Nino merupakan kondisi di atas normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah hingga timur. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah sekitarnya, termasuk di Indonesia.

Tak terkecuali di wilayah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), bencana El Nino mengancam,  bahkan telah mencapai level tertinggi yakni level ‘Awas’ dimana sebelumnya masih bersifat level ‘Waspada’.

Melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aminuddin mengatakan kenaikan level ini memiliki tahapan yang berbeda-beda, pertama level ‘Siaga’ yakni level ringan yang ditandai dengan musim kemarau selama 0 sampai 21 Hari tanpa hujan. Kemudian, lanjut Aminuddin, level ‘Waspada’ yakni level yang masih kategori sedang dengan ciri musim kemarau tanpa hujan yang telah mencapai 31 hari keatas.

“Selanjutnya level ‘Awas’ yakni level yang dikategorikan tinggi dan bahaya yang ditandai dengan musim kemarau yang telah mencapai 61 hari keatas. Maka dengan status ini daerah Buteng terancam kekeringan, dan Pemda bakal mengkoordinasikan kepada pimpinan dengan forkopimda, untuk mencari solusinya,” ungkap Aminuddin saat dikonfirmasi dikantor Bupati Buteng, Kamis (26/10/2023).

Maka dari itu, pungkas Aminuddin, kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Buteng, untuk selalu berhati-hati dalam melakukan aktivitas pembakaran, sebab dengan kondisi alam Buteng saat ini, tingkat kerawanan aktivitas tersebut sangat tinggi. Untuk suhu yang ada di Buteng saat ini telah mencapai 38⁰C, dan hujan.

“Jika tak ada aral melintang, kita perkirakan paling lambat bulan Januari tahun depan,” Ungkapnya.

Penjabat Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf. Foto. Muhammad Shabuur/Infokini.news
Penjabat Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf. Foto. Muhammad Shabuur/Infokini.news

Ditempat Berbeda Pj. Bupati Buteng Andi Muhammad Yusuf menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kewaspadaan, menjaga lingkungan sekitar, dan jangan melakukan pembakaran, baik pembakaran lahan kebun maupun sampah yang akan menimbulkan kebakaran berlebihan.

“Insha Allah di alam waktu dekat ini kepala BNPB Provinsi yakni mantan Pj Bupati Buteng Muhammad Yusuf akan berkunjung langsung ke Buteng untuk menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Buton Tengah,” singkatnya dikonfirmasi beberapa hari yang lalu (ADV).

Muhammad Shabuur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini