Beranda Daerah Bolmut Amin Lasena Buka Secara Resmi Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Siskeudes 2.0.5

Amin Lasena Buka Secara Resmi Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Siskeudes 2.0.5

59
0
Gambar : Wakil Bupati Bolmut saat membuka Bimtek secara resmi Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes 2.0.5) Berbasis Online (Foto: Humas Pemda Bolmut).

IKNews, BOLMUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena M.AP membuka secara resmi Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes 2.0.5) Berbasis Online bertempat di The Sentra Hotel Minahasa Utara, Selasa (05/09/2023) pagi.

Informasi yang dirangkum media ini, sebagaiman telah diketahui bahwa, telah ditetapkannya Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. Maka desa diberi kewenagan untuk mengatur desa termasuk kewenangan mengatur keuangan desa. sehingga salah satu indikator penyelenggaraan pemerintah administrasi yang baik dalam penyelenggaraan pemerintah desa, adalah terwujudnya tata kelola keuangan desa yang memenuhi prinsip prinsip mekanisme, tata cara pengelolaan keuangan sesuai regulasi yang ada.

Dalam Sambutan Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena, MAP menyampaikan untuk mewujudkan pembinaan, pengawasan, dan fasilitasi penyelenggaraan pengelolaan keuangan desa, maka BPKP bersama Kementerian dalam negeri telah melauncing Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Berbasis Online yang dirancang untuk membuat laporan pengelolaan keuangan desa secara REAL TIME dan UP TO DATE, sehingga pemerintah daerah, provinsi, dan pusat dapat informasi secara cepat.

Gambar : Tampak peserta bimtek saat mengikuti Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Sistem Keuangan Desa (Siskeudes 2.0.5) Berbasis Online, Bertempat di The Sentra Hotel Minahasa Utara, Selasa (05/09/2023) pagi. (Foto: humas pemda Bolmut).

“Pengelolaan keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif, serta dilakukan dengan tertib, dan disiplin anggaran. Hal ini bertujuan untuk memajukan serta memakmurkan desa, untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut, maka setiap desa harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Terutama dalam hal mengoperasikan sebuah teknologi komputer serta harus bisa mengoprasikan aplikasi Siskeudes,” tegas Wakil Bupati Bolmut.

Untuk itu Papa Mimi sapaan akrabnya berharap kepada seluruh peserta bimtek bisa menerapkannya di desa masing-masing dan bisa membangun komitmen dalam meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabel dalam mengelola keuangan desa.

“Diharapkan agar para peserta bimtek penggelolaan keuangan desa dapat menerima, mempelajari, dan mampu menerapakan pada saat melaksanakan pengelolaan keuangan desa. Mari kita bangun komitmen untuk meningkatkan kualitas, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dengan baik dan benar.

Gambar : Suasana foto bersama Wakil Bupati Bolmut bersama sejumlah perangkat daerah dan peserta bimtek. Foto humas pemda bolmut.

Selain itu juga, kita harus mengupayakan terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang lebih bersih, kian transparan, serta makin responsif terhadap aspirasi masyarakat dalam rangka menjawab tuntutan masyarakat akan pelaksanakan Good Governance. Setiap tuntutan masyarakat akan kita jadikan sebagai pedoman, perhatian, dan motivasi bersama untuk lebih menegakkan disiplin di seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan, baik itu disiplin anggaran, disiplin waktu dispilin kerja. Sehingga diharapkan kinerja aparatur pemerintah daerah khususnya para kepala desa se-Kabupaten Bolaang Mongondow Utara akan semakin optimal,” tutupnya.

Turut hadir, Koordinator Pengawas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Perwakilan Provinsi Sulut, Glen Davis Siwu, Kapolres Bolmut diwakili Kanit IV Tipikor, Ipda Rio K. Sasuang S. Sos, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut diwakili Kasie Pidana Khusus, Eka Putra Palimpung SH, MH, Direktur Sarei Samanong Research Intitute Jakarta, Hasrianto, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Rachmat R. Pontoh S.H M.Si, sekaligus Plh Kadis PMD, Pimpinan OPD Terkait, para Camat se-Kabupaten Bolmut, serta para Kepala Desa se-Kabupaten Bolmut.*

Reporter : Jefry

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini