Beranda Daerah Bolmong Akhir Agustus Pekerjaan Terasering Jalur Kaiya-Kotamobagu Tuntas

Akhir Agustus Pekerjaan Terasering Jalur Kaiya-Kotamobagu Tuntas

185
0
Akhir Agustus Pekerjaan Terasering Jalur Kaiya-Kotamobagu Tuntas
Penanganan pekerjaan Ruas jalan Kaiya-Kotamobagu tepatnya di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolmong.

IKNews, BOLMONG — Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Provonso Sulawesi Utara-Gorontalo (Sulut-Go), menargetkan pekerjaan terasering pada proyek penanganan longsor tepatnya di titik ruas jalan Kaya-Kotamobagu, diupayakan tuntas bulan Agustus ini.

Demikian dikatakan pihak Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BPJN Sulut belum lama ini. Dimana pakerjaan dilaksanakan oleh PT SINGGIGILANG, tersebut berbanderol 23 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2023.

Dari amatan nampak pekerjaan berlangsung dari pagi hingga malam hari. hingga menyebabkan, akses jalan Kotamobagu-Bolmong dalam beberapa bulan terakhir ini, terjadi buka tutup.

Diketakan PPK Terutama posisi tebing yang sebelumnya rawan longsor dan sangat berbahaya bagi pengendara yang melewati jalur tersebut, Alhamdulillah sudah teratasi dan telah di kating begitu rapi serta memberikan rasa nyaman bagi pengendara dan masyarakat yang tinggal area titik tersebut.

Perlu dikatahui bahwa, progres pekerjaan yang ada, semua hasil tak lepas dari kerja kita bersama.

“Meski dilakukan buka tutup jalan tersebut, tentunya cukup membantu bagi kami maupun pihak pelaksana proyek (Kontraktor-red), dalam melaksanakan pekerjaan dilapangan secara maksimal sebagaimana mestinya,” ucap PPK.

Dikatakannya pihak pengawas terus mendorong agar progres pekerjaan dilapangan bisa ada kenaikan yang signifikan, terutama pekerjaan terasering diupayakan bisa segera diselesaikan di bulan agustus ini.

“Sehingga tidak perlu lagi dilakukan penutupan dan akses jalan dapat kembali normal,” ujar PPK.

Dikatakannya, sesuai rencana 33,87 persen realiasi pada bulan agustus ini, dan untuk posisi saat ini telah masuk pada 31,15 persen realisasi fisik yang di kerjakan oleh perusahan pemenang tender.

Dia pun mengakui jika dilapangan pihaknya mengalami kendala.

“Kendala yang paling utama adalah cuaca, dikarenakan sering terjadi hujan, semoga cuaca bisa lebih baik di hari-hari kedepannya,” harapnya.

Dikelatui pula pekerjaan proyek ini tak hanya dilakukan pada siang hari, melainkan pada malam hari juga pekerjaan masih terus berjalan.

Tampak pula operator (pekerja) yang mengendalikan beberapa alat berat berupa excavator lagi melakukan pengarukan dan pembenahan tebing serta beberapa item pekerjaan lain terus berjalan.

Akses jalan Desa Komangaan juga sampai saat ini masih dilakukan buka tutup, berdasarkan jadwal buka dan jadwal tutup yang diterapkan oleh BPJN.

Begitupun penutupan akses jalan ini juga tidak terlalu mengganggu bagi para pengendara yang melewati jalur tersebut. sepertinya masyarakat sudah cukup dewasa dan memahami bahwa lebih baik menunggu sementara waktu, ketimbang harus memaksakan diri menerobos jalur yang ditutup, dan kemudian bisa menyebabkan kecelakaan.

Hal ini untuk menimalisir dampak bahaya kecelakaan, dikarenakan ada pekerjaan tebing yang lagi berjalan, dinilai memiliki tingkat kerawanan tinggi, akibat terdapat tumpukan batu berukuran besar, dimana sering kali terjadi longsor dan menutupi badan jalan.

Reporter: Matt Nasaru

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini