Beranda Sumut Kab. Asahan Sosialisasi Tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Anggota DPRD, Ini Kata Ketua KPU...

Sosialisasi Tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Anggota DPRD, Ini Kata Ketua KPU Asahan

77
0

IKnews, ASAHAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan melaksanakan sosialisasi tentang Daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Asahan di Hotel Antariksa, Kelurahan Sendang Sari Kecamatan Kota Kisaran Barat, Senin (20/3/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat dan partai politik, terkait sudah ditetapkannya PKPU nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dalam pemilihan umum 2024.

Sosialisasi ini juga merupakan bagian tindak lanjut dari tahapan sebelumnya, yakni penyusunan rancangan dapil dan alokasi kursi, uji publik, pengusulan rancangan dapil serta alokasi kursi anggota DPRD kabupaten Asahan kepada KPU RI untuk kemudian ditetapkan.

Suasana kegiatan sosialisasi di Hotel Antariksa.

Pada pemilu Tahun 2024 ada beberapa dapil yang kursinya bertambah dan berkurang, sedangkan untuk jumlah kursi di Kabupaten Asahan tetap 45 kursi.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua KPU Kabupaten Asahan, Hidayat menyampaikan terimakasih kepada masyarakat, partai politik dan pemerintahan yang telah menyukseskan serta mendukung program pendataan pemilih,(Coklit) yang dimulai 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

“Selain itu, jika ada warga masyarakat yang belum terdata oleh petugas Pantarlih untuk selanjutnya bisa menyampaikan kepada PPS setempat,” jelasnya.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi saat menjelaskan materi.

Sementara itu, selaku Narasumber, Rahma yang merupakan anggota KPU Kabupaten Asahan Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu menyebutkan, di Asahan ada 7 dapil yang terdiri dari dapil 1 Kisaran Barat dan Kisaran Timur, dapil 2 Air Joman, Tanjungbalai, Silau Laut.

Dapil 3 Sei Kepayang, Simpang Empat, Sei Kepayang Barat, Sei Kepayang Timur, Teluk Dalam. Dapil 4 Pulau Rakyat, Bandar Pulau, Aek Kuasan, Aek Songsongan, Rahuning, Aek Ledong.

“Dapil 5 Air Batu, Sei Dadap. Dapil 6 Buntu Pane, Bandar Pasir Mandoge, Tinggi Raja, Setia Janji. Dapil 7 Meranti, Rawang Panca Arga, Pulau Bandreng,” terang Rahma.

Sambungnya, ada 4 Dapil yang jumlah kursinya bertambah dan berkurang yakni Dapil 7 yang tadinya 4 kursi menjadi 5 kursi. Dapil 6 yang tadinya 6 kursi berkurang menjadi 5 kursi.

“Sedangkan Dapil 4 yang tadinya 9 kursi menjadi 8 kursi dan Dapil 3 yang tadinya 6 kursi menjadi 7 kursi,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan yaitu partai politik peserta pemilu 2024, organisasi keagamaan, organisasi mahasiswa serta pemuda, perwakilan pihak kampus serta lembaga pers seperti PWI, IWO, IJTI dan SMSI.

Reporter : Doni Damara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini