Kapolres Dairi Akbp Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM pimpin Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023 bertempat di Halaman Apel Mapolres Dairi. Rabu 08-03-2023.

IKNews, DAIRI – Kapolres Dairi Akbp Wahyudi Rahman, SH, SIK, MM pimpin Gelar  Pasukan Operasi Keselamatan Toba 2023 bertempat di Halaman Apel Mapolres Dairi. Rabu 08-03-2023.

Pelaksanaan Gelar Pasukan di Pimpin oleh Kapolres Dairi Akbp Wahyudi Rahman, S.H, S.I.K, M.M dengan Perwira Apel Kasat Lantas Polres Dairi Akp Herliandri, S.H dan Komandan Apel Kanit Reg Indent Polres Dairi Ipda Lambok D. Sihotang, S.H.

Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman membacakan Amanat tertulis Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol, Drs RZ Panca Putra S, MSi.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan ini dilakukan secara serentak diseluruh jajaran dengan tujuan sebagai bentuk kesiapan personil dan Sarana Prasarana sekaligus menunjukkan kesiapan penyelenggaraan operasi kepada publik sehingga masyarakat dapat patuh dan disiplin dalam berlalu lintas sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas dapat menurun dan mewujudkan Kamseltibcar Lantas diwilayah Provinsi Sumatera Utara.

Dimana Sasaran Operasi Keselamatan Toba 2023 yakni Mampu mengantisipasi segala bentuk potensi ganguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sebelum pada saat dan pasca operasi yg berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas khususnya menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Yang mana Operasi Keselamatan Toba 2023 akan dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 08 Maret 2023 s/d 21 Maret 2023 dengan target operasi yakni masyarakat pengguna jalan, kendaraan angkutan umum dan pribadi, titik lokasi rawan kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalulintas serta kegiatan masyarakat dalam berlalu lintas.

Dalam operasi keselamatan Toba 2023 Polda Sumut melibatkan 1.978 personil Polda Sumut terdiri Satgas Polda Sumut 150 Personil, Satgas Kewilayahan 1.828 Personil.

Operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat pada bidang lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri khususnya Polisi Lalu Lintas guna terciptanya Kamseltibcar Lantas diwilayah Provinsi Sumatera Utara khusunya Diwilayah Kabupaten Dairi.

Pada Pelaksanaan Gelar Pasukan Kapolres Dairi AKBP Wahyudi Rahman membacakan amanat tertulis Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol, Drs RZ Panca Putra S, MSi yang menyampaikan Penekanan Operasi Keselamatan Toba 2023 sebgai berikut.

Indikator keberhasilan pada pelaksanaan operasi keselamatan Toba 2023 antara lain.

  1. Meningkatkan Disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.
  2. Menurunnya angka kecelakaan lalulintas.
  3. Menurunnya tingkat fatalitas pada kecelakaan lalulintas.

Beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan antara lain :

  1. Lakukan deteksi dini, penyelidikan pengamanan serta pemetaan terhadap lokasi tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan.
  2. Berikan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang disiplin dan tertib berlalulintas dalam bentuk kegiatan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, Benner, baliho, penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak elektronik dan medsos.
  3. Laksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.
  4. Lakukan penegakan hukum lalu lintas dan teguran secara humanis dengan menggunakan etle mobile.

Diakhir Penyampaikan Bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol, Drs RZ Panca Putra S, MSi mengatakan Kepada seluruh personil Polda Sumut yang terlibat dalam operasi keselamatan Toba 2023 semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini dapat menjadi ladang amal ibadah di hadapan tuhan Yang Maha Esa. Tutupnya.

Hadir Dalam Pelaksanaan gelar pasukan Ketua Pengadilan Negeri Sidikalang Monita Honesty Br. Sitorus, SH, MH. Kejari Dairi Okto Rikardo, S.H, MH, Dandim 0206/Dairi diwakili oleh Kapten Inf. B. Lumban Toruan, Kadis Perhubungan Dairi Parulian Sihombing, Kasat Pol PP Dairi Juniardi Siregar, Wakapolres Dairi Kompol Denny Boy P, SH MH, Para Kabag Polres Dairi, Para Kasatfung Polres Dairim Para Kapolsek Jajaran Polres Dairi.

Reporter : Satria

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here