Beranda Daerah Kotamobagu Buka FGD, Sofyan Mokoginta Bahas Potensi Pertanian di Kotamobagu

Buka FGD, Sofyan Mokoginta Bahas Potensi Pertanian di Kotamobagu

33
0
Buka FGD, Sofyan Mokoginta Bahas Potensi Pertanian di Kotamobagu

IKNews, Kotamobagu – Kotamobagu merupakan salah satu daerah yang unik, karena berstatus kota namun  memiliki lahan pertanian yang sangat luas.

Hari ini dijelaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu Sofyan Mokoginta, saat membuka Forum Group Discussion (FGD), yang dilaksanakan oleh Bina Investasi Kerakyatan, Selasa 14 Maret 2023, di hotel Sutan Raja Kotamobagu.

Sofyan menjelaskan, berdasarkan tema FGD yakni “Peningkatan dan penguatan Ekonomi Sektor Pertanian dan Perkebunan Guna Mendukung Investasi di Kota Kotamobagu”, berarti hal tersebut berkaitan dengan potensi-potensi sektor pertanian di kotamobagu.

“Luas Kotamobagu itu 108 kilometer persegi, sementara itu luas area dari pertanian dan perkebunan sebesar 6.587 hektare, artinya masih sangat besar lahan untuk bertani, di tengah – tengah area perkotaan,” ungkapnya

“Tentuya hal Ini bisa didorong agar sejalan dengan program Pemerintah Kota Kotamobagu terutama pemerintah pusat sebagai upaya dan pengendalian inflasi, melalui gerakan menanam cepat panen, selain itu juga mendukung program Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey lewat gerakan Marijo ba Kobong,”jelasnya

Menurutnya Sofyan, dari 6.587 hektar lahan pertanian di Kotamobagu, sebagian besar ada di kecamatan kotamobagu selatan. “Data yang dirilis BPS, kontribusi dari sektor pertanian di Kota Kotamobagu sebesar 8,25 persen pada tahun 2021 dan tahun 2022 naik menjadi 8,27 persen, artinya sektor pertanian masih mempunyai kontribusi yang sangat – sangat cukup tinggi dalam rangka memberikan kontribusi ekonomi bagi Kota Kotamobagu,”jelasnya

Menariknya Kota Kotamobagu sebagai kota jasa perdagangan yang sangat mendukung peningkatan sektor investasi, Hal ini dibuktikan dalam meningkatnya Investasi pada tahun 2022 sebesar 300 persen dari target yang ditetapkan.

“Pertumbuhan ekonomi di Kota Kotamobagu pada tahun 2022 berada di angka 5,15 persen dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,37 persen. Ini artinya masyarakat masyarakat di kotamobagu taraf perekonomiannya semakin akan membaik dan tentunya kita berdoa masyarakat Kota Kotamobagu ada pada taraf sejahtera,” tandasnya.

REPORTER : IRSAT GANGGAI

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini