Wiwie Anita Sabunge

IKNews, KOTAMOBAGU – Dalam rangka penguatan kapasitas Sangadi (Kepala Desa, red) dalam waktu dekat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kotamobagu berencana menggelar bimbingan teknis atau Bimtek.

Kegiatan yang direncanakan digelar akhir Februari ini, juga akan diikuti perangkat desa se – Kota Kotamobagu. “Berhubung 15 sangadi ini baru saja dilantik, maka mereka akan dibekali ilmu-ilmu pemerintahan sekaligus tata kelola pemerintahan desa yang efektif dan efisien,” ujar Kabid Pemerintahan, Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas PMD, Wiwie Anita Sabunge, Rabu 1 Februari 2023.

Menurut Wiwie, bimtek tersebut sangat penting dilaksanakan, agar para sangadi nantinya dapat mengetahui tugas pokok dan fungsinya saat menjalankan roda pemerintahan di desa. “Rencananya, pada bimtek nanti kita akan menghadirkan narasumber dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Doktor Eko Prasetyanto Purnomo Putro,” bebernya.

Masih menurut Wiwie, mengingat masih banyak aturan dari Kemendagri terutama terkait pelaksanaan pemerintahan desa yang belum diketahui oleh sangadi, maka bimtek wajib diikuti para sangadi. “Banyak ilmu yang akan diperoleh dalam bimtek nanti. Salah satunya perundang-undangan tentang desa, sehingga agenda ini wajib diikuti seluruh sangadi,” pungkasnya. (**)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here