Kotamobagu – Bisnis bahan baku kemiri di Kota Kotamobagu merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan. Banyak rumah tangga petani yang melirik usaha ini sebagai sumber pendapatan dan pemenuhan ekonomi keluarga.

Bisnis Jual beli kemiri ini memang menjadi salah satu alternatif agrobisnis menjanjikan. Harganya yang relatif mahal di pasaran membuat bahan baku ini menjadi incaran para produsen. Ada banyak penampung kemiri kupas juga kulit kemiri yang dimanfaatkan untuk berbagai industri.

Seperti di Kelurahan Mongkonai Kecamatan Kotamobagu Barat, kegiatan pengolahan kemiri tidak hanya menjadi sumber pendapatan bagi pelaku usaha, namun juga mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, karena proses pengolahannya memerlukan tenaga untuk merebus, mengeringkan dan memecahkan cangkang.

“Dalam satu kilo gram itu kemiri kami bayar Rp 1.500 Rupiah. Nah, dalam sehari itu biasanya mereka mampu mengupas kulit kemiri lebih dari 50 hingga 70 Kg,” ungkap Daeng, salah satu pengusaha kemiri di Kelurahan Mongkonai.(*)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here