Beranda Daerah Kotamobagu Pelaku IKM Kotamobagu Segera Manfaatkan Layanan Rumah Kemasan

Pelaku IKM Kotamobagu Segera Manfaatkan Layanan Rumah Kemasan

63
0
foto dok. istimewah

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – KOTAMOBAGU – Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Kotamobagu menyiapkan rumah kemasan, lengkap dengan peralatan packing produk pangan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) di desa dan kelurah di Kotamobagu. Menurut, Kepala Bidang (Kabid) Perindustrian, Fadlun Paputungan,  dengan adanya rumah kemasan ini para pelaku IKM dapat meningkatkan nilai produk.

“Adanya rumah kemasan ini sebagai sarana peningkatan sektor IKM. Saya berharap pelaku IKM dapat memanfaatkanya dengan baik,” katanya, kemarin.

Dikatakanya, penggunaan alat tersebut disiapkan bagi pelaku IKM Kotamobagu secara gratis. Meski begitu, warga diluar Kotamobagu juga bisa memanfaatkannya.

“Kami gratiskan sbagi pelaku IKM Kotamobagu. Saat ini juga dibentuk pengurusnya. Pengurus yang dibentuk berasal dari pelaku IKM Kotamobagu itu, mengurusi rumah kemasan itu,” terangnya.

Diejalakanya, mesin packing kemasan bisa untuk bubuk kopi, gula semut, biji-bijian dan sudah ada takarannya 200, 250, dan 500 gram. Kemudian ada mesin vakum namanya siler gas gunanya untuk menjaga keawetan dan kualitas produk makanan serta ada juga mesin untuk mencetak masa kadaluwarsa makanan, kode produksi serta berbagai fungsi lainnya.

“Tinggal bagaimana pengurus mengaturnya, seperti penyediaan bahan baku kemasan yakni plastik aluminium foil. Tapi untuk sementara ini plastik kemasan masih dari pemerintah, supaya menghemat biaya produksi mereka, karena untuk bahan kemasan saat ini masih pesan di luar daerah,” pungkasnya. (*/irg)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini