Beranda Daerah Kotamobagu Rempah Dapur Ini Bisa Digunakan Untuk Usir Nyamuk

Rempah Dapur Ini Bisa Digunakan Untuk Usir Nyamuk

73
0

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Meski tergolong jenis rerumputan, dan lebih dikenal sebagai bumbu dapur, oleh Maryati Paputungan, sereh atau serai  ini dibudidayakan. Warga Kelurahan Motoboi Kecil, Kota Kotamobagu Selatan ini mengatakan, sereh bisa bermanfaat untuk mengusir nyamuk.

Terlebih menurutnya, di desa tetangga kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) beberapa kali terjadi. “Ini sudah mulai masuk musim penghujan, kan. Potensi DBD leboh besar, jadi mengapa tidak kita tanam halaman rumah kita, sebanyak mungkin dengan tumbuhan yang bernilai manfaat besar,” ucap ibu dua anak ini.

Dikatakannya, untuk saat ini, serah yang ditanamnya belum sampai dipasarkan. “Ya baru bagitu, tetangga saja yang kerap datang meminta. Tujuan utama saya adalah memberantas nyamuk, kalau ada untuk bumbu dapur, ya saya tidak menjualnya, paling sering dikasih saja,” ujarnya.

Dirinya berharap, apa yang dilakukannya bisa dicontoh oleh masyarakat lain. “Terutama yang desa/kelurahannya sering ada kasus DBD, kenapa tidak pemerintah desa/kelurahan setempat melakukan hal serupa,” pungkasnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini