Tim penilai Dinkes Sulut saat berkunjung ke Puskesmas Motoboi Kecil (foto: istimewah)

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Puskesmas Motoboi Kecil didatangi Tim Penilai Lomba Puskesmas Berpretasi Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (26/6/2019).

Kedatangan tim penilai berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, itu, disambut langsung  Kepala Puskesmas Motoboi Kecil Ulmi Sudibyo dan Kabid Pelayanan Promosi dan Kabid Sumberdaya Dinkes Kotamobagu, Sumartini Sugiharjo, serta jajaran puskesmas.

Sumartini menjelaskan, ada empat tim dari Dinkes Provinsi yang akan melakukan penilaian di Puskesmas Motoboi Kecil. Rombongan tim penilai yang datang hari ini dipimpin langsung oleh Norma Mamonto selaku Ketua Tim Penilai Dinkes Sulut.

“Yang datang pada hari ini, tim dari bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P). Tim ini menilai semua program yang terkait dengan P2P, misalnya program TB, program Kusta, program kesehatan kerja dan olahraga, serta program KIA dan KB. Itu yang dinilai mulai dari dokumentasi hingga foto kegiatan, SOP, SK terkait dan pengelola yang turut diwawancarai,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Motoboi, Ulmi Sudibyo, menegatakan penilaian ini meliputi beberapa aspek. Diantaranya,  adminstrasi management, upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat.

“Jadi mulai dari pelayanan gedung hingga pelayanan kepada masyarakat yang mereka akan nilai. Saya pun berharap agar puskesmas motoboi mendapatkan nilai yang baik dari tim penilai,” katanya

Ketua Tim Penilai Dinkes Sulut, Norma Mamonto, mengatakan ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilaksanakan Dinkes Provinsi.

“Yang dinilai disini semua komponen, lingkungan, program dan kegiatan. Hasil sementara alhamdulillah masuk dikategori memuaskan dengan mendapatkan nilai 10. Skornya pun cukup bagus,” ujar Norma.

Meski demikian lanjut Norma, masih akan ada 3 tim lagi yang akan datang untuk menilai puskemas Motoboi.

“Ketiga tim itu akan datang dalam waktu dekat ini. Kami pun tidak dapat memastikan kapan mereka datang, bisa itu akhir Juni ini, maupun bulan depan.” Terangnya. (*/irg)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here