INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Sejak dua pekan jelang bulan puasa, harga bawang putih di sejumlah pasar wilayah Kotamobagu terus mengalami kenaikan. Melambungnya harga salah satu komuditi pertanian ini mulai menyulitkan warga Kotamobagu.

Pantauan, Senin, (06/05/2019), harga bawang putih di Pasar Serasi Kotamobagu mengalami kenaikan cukup signifikan, dari Rp40 Ribu per kilo naik hingga Rp60 Ribu per kilo. Sedangkan bawang merah, dari Rp 45 Ribu perkilo naik hingga Rp 50 Ribu perkilo. Hal yang sma juga terjadi pada harga tomat, dari Rp 5000 perkilo naik menjadi 10.000 perkilo. “Hampir semua bapok naik. Tapi yang paling tinggi itu bawang putih. Dari informasi distributor, stok bawang putih terbatas sehingga harganya naik,” ungkap salah seorang pedagang di Pasar Serasi, Herman Untu.

Menanggapi hal ini, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kotamobagu, Herman Arai mengatakan telah menyiapkan langkah termasuk akan menyurat kePemprof Sulut. “Karena ini menyangkut tata niaga, jadi kita akan menyurat kePemprof. Selain itu akan ada tim yang turun memastikan kenaikan harga ini, bukan karena di sengaja atau ada yang sengaja menahan” pungkasnya.

 

Ir Gilalom

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here