Beranda Daerah Kotamobagu Caleg Diminta Urus Rekomendasi APK

Caleg Diminta Urus Rekomendasi APK

132
0
Hendra Makalalag

INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Memasuki awal tahun 2019 atau ssekitar 99 hari menuju Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden tahun 2019, tercatat dari 258 Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang ada di Kota Kotamobagu, baru sekitar 53 orang yang mengajukan pengurusan rekomendasi pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotamobagu, Hendra Makalalag Rabu (9/01/2019) siang ini. “Berdasarkan data yang kita catat hingga 4 Januari 2019 dari 258 Caleg baru 53 yang sudah mengurus rekomendasi. Untuk itu, bagi Caleg yang belum melakukan pengurusan rekomendasi APK nya akan ditertibkan, kita akan turun bersama Bawaslu, KPU, Kesbangpol, Polisi dan Satpol-PP untuk menertibkan,” ujar Sekertaris Kesbangpol, Hendra.

Lanjut Hendra, karena itu bagi Caleg yang belum mengantongi rekomendasi APK sudah harus mengajukan pengurusan. “Kita menghitung masih 205 Caleg lagi harus segera mengurus rekomendasi, agar APK nya tidak di copot apabila nanti ada penertiban oleh tim gabungan,” ujarnya.

Hendra menambahkan, hal ini sudah diatur dalam PKPU nomor 23 tahun 2018, tentang kampanye Pemilihan Umum (Pemilu), pasal 32 ayat 1 dan ayat 2, didalamnya menyebutkan peserta pemilu dapat mencetak dan memasang APK, dan pada pasal 34 ayat 4 menyebutkan lokasi pemasangan APK ditetapkan oleh KPU setelah sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah, imbuhnya.

 

Irgi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini