INFOKINI.NEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu resmi menerima Surat Keputusan (SK) tentang alih kelola Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK), di Aula Rumah Dinas Walikota, Kamis (13/9/2018).

Penyerahan dengan SK Kemenristek Dikti, Nomor 529/KPT/I/2018 tentang alih kelola Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi UDK tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin Daud Malago, M.Si kepada Walikota Tatong Bara.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Bupati Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow, Sekda Bolmong, Tahlis Gallang, pengurus Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri, pimpinan SKPD, Rektor UDK, hingga civitas akademika UDK.

Wali Kota Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, UDK sebagai perguruan tinggi kebanggaan warga Bolmong Raya, khususnya Kotamobagu, harus tetap dijaga dan dikembangkan demi membangun generasi yang siap dan mandiri.

“Semoga akan maju dan berkembang dan setara dengan universitas di daerah lain. Bukan merupakan bagi peningkatan UDK tapi sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM melalui Universitas kebanggan kita di bumi Totabuan,” kata Tatong

Lanjut Tatong, UDK adalah satu-satunya universitas di Bolmong Raya yang merupakan aset penting daerah.

“ini aset kebanggaan kita. Ini sangat menentukan maju tidaknya dunia pendidikkan di daerah ini. Terlebih dengan bertambahnya beberapa program studi di UDK diharapkan mampu mendorong dunia pendidikan kita,” ujarnya.

Tatong pun menambahkan, dengan dikelolanya UDK oleh Pemkot Kotamobagu adalah bagian dari dorongan dan semangat masyarakat.

“Ini semangat masyarakat Bolaang Mongondow Raya, bagimana agar daerah ini memiliki Universitas. Dengan begitu cita-cita Provinsi Bolmong Raya akan tercapai sesuai cita-cita seluruh masyarakat di Bolmong Raya,” tuturnya.

“Terima kasih kepada pihak kementrian yang telah banyak memberikan masukan, bimbingan dan dukungan kepada kami untuk membangun dunia pendidikan yang baik serta berkualitas,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan akan memberikan support penuh terhadap pendidikan di Kotamobagu terlebih khusus UDK.

“UDK merupakan tanggung jawab bersama, makanya yang saya berikan adalah komitmen. Disini ada Pengelolah APBD 2019 yakni pak Sekda. Nah, nanti akan didukung pemkab Bolmong dengan anggaran yang cukup besar,” pungkasnya.

 

Peliput: Zackier

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here