Beranda Advetorial PT AMI dan AMINDO Berikan Manfaat Positif Bagi Kecamatan Talaga Raya

PT AMI dan AMINDO Berikan Manfaat Positif Bagi Kecamatan Talaga Raya

1017
0
Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto (Mengunakan Kampurui) bersama Kepala Teknik Pertambangan PT.AMI, Dedi Apriadi (Berhelm Safety) saat melakukan penanaman pohon, Minggu (11/6/2023). Foto. IST
Ketua DPRD Buteng, Bobi Ertanto (Mengunakan Kampurui) bersama Kepala Teknik Pertambangan PT.AMI, Dedi Apriadi (Berhelm Safety) saat melakukan penanaman pohon, Minggu (11/6/2023). Foto. IST

IKNEWS, BUTON TENGAH – Manfaat Positif kepada masyarakat dirasakan akibat kehadiran perusahaan tambang PT. Arga Morini Indah (PT. AMI) dan PT. Argo Morini Indotama (PT. AMINDO) yang telah beroperasi di wilayah Kecamatan Talaga Raya Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Salah satunya, penyediaan lahan untuk masyarakat yang dibiayai perusahaan untuk lokasi Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) yang berlokasi di Desa Talaga II. Melalui kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang digelar oleh PT. AMI dan PT. AMINDO, TPAS tersebut diresmikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Buton Tengah, Bobi Ertanto, bersama Pemerintah Kabupaten Buton Tengah dihadiri Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kominfo, serta disaksikan pemerintah kecamatan, lurah,kepala desa dan masyarakat Talaga Raya, pada Minggu (11/6/2023).

Ketua DPRD Buton Tengah, Bobi Ertanto, mengatakan, kehadiran TPAS di Talaga Raya sangat bermanfaat bertujuan menangani masalah sampah yang saat ini dikeluhkan masyarakat. Karena saat ini, tempat-tempat lokasi sampah berserakan dan menimbulkan bau tidak sedap, pencemaran lingkungan dan bahkan menimbulkan penyakit.

Oleh karena itu, dengan adanya TPAS diharapkan secara perlahan bisa merubah pola pikir dan perilaku masyarakat untuk merubah kebiasaan buruk dalam membuang sampah sembarangan.

“Sebagai unsur pemerintah mengucapkan terimaksih dan mengapresiasi atas keberpihakan PT. AMI dan PT. AMINDO yang telah berkontribusi sosial melalui dana pemberdayaan pengembangan masyarakat (PPM), telah membantu menyediakan lahan kurang lebih 1 hektar yang kini telah diresmikan untuk dipergunakan masyarakat sebagai lokasi tempat pembuangan akhir sampah di Talaga Raya,” ucapnya menyampaikan sambutan peresmian TPAS.

Lanjut ia menyampaikan, kontribusi perusaan tiga tahun terakhir ini sangat memberikan dampak positif untuk masyarakat di sekitar tambang yakni melalui dana pemberdayaan pendidikan, kesehatan dan kegiatan-kegiatan pemberdayaan lainnya. Sehingga dilihat hasilnya memberikan dampak ekonomi dan sosial masyarakat di Talaga Raya.

“Selain penyedia lahan TPAS, PT. AMI dan PT. AMINDO telah berkontribusi melalui dana pemberdayaan masyarakat dengan membangun rumah dinas guru di Desa Kokoe saat ini, Semoga kontribusi perusahaan ini dapat terus berlanjut dan didukung masyarakat” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buteng, H. Kasim, yang juga masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada PT. AMI dan PT. AMINDO yang telah berpartisipasi mengabulkan harapan masyarakat Talaga Raya dengan hadir TPAS.

“Perusahaan ini tau persis keadaan didaerah, karena mareka dapat berkolaborasi memberikan kontribusi nyata di masyarakat dan daerah begitupun sumbangannya,” ucapnya.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 di Talaga Raya, dirangkaikan jalan santai berhadiah jutaan rupiah yang diikuti seluruh desa se-Kecamatan Talaga Raya. Tak hanya itu, kegiatan dengan Tema “Kendalikan Sampah Plastik” dilakukan giat bakti bersih lingkungan dan penanaman pohon. (Advetorial).

Muhammad Shabuur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini