Beranda Nasional Spektakuler! Hari Ikan Nasional ke-10 Jepara Pecahkan Rekor Muri dengan Pembakaran Ikan...

Spektakuler! Hari Ikan Nasional ke-10 Jepara Pecahkan Rekor Muri dengan Pembakaran Ikan Terbanyak

98
0
Gambar : Spektakuler! Hari Ikan Nasional ke-10 Jepara Pecahkan Rekor Muri dengan Pembakaran Ikan Terbanyak, Jepara (15/10/2023).

IKNews, JEPARA – Dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional yang ke-10, Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Dinas Perikanan menyelenggarakan Pencatatan Rekor Muri “Membakar Ikan oleh Pejabat Terbanyak”. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Acara dilaksanakan di Desa Wisata Bahari Telukawur, Kecamatan. Tahunan, Minggu (15/10/2023).

Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta mengatakan, jumlah ikan yang dibakar sebanyak 5000 ikan. Dirinya menegaskan, bahwa hal ini menandakan Jepara tidak kekurangan ikan.

Edy Supriyanta berharap, agar harga ikan di Jepara menjadi murah, bisa dinikmati masyarakat. Menurutnya, karena kota ukir terkenal dengan wisata laut.

“Saya berharap, harga ikan di Jepara murah. Karena di Jepara kaya akan laut dan ikannya,” katanya.

Lebih lanjut, Edy Supriyanta menegaskan bahwa dengan makan ikan, bisa menekan angka stunting di Jepara. Dengan adanya kegiatan ini, selanjutnya ikan bisa dirasakan seluruh masyarakat Jepara.

“Mudah-mudahan, dengan kita sering makan ikan, angka stunting bisa ditekan,” terang Edy Supriyanta.

Emy khonifah, Ketua Kelompok Kerja Promosi Dalam Negeri, Direktorat Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya menyebut, bahwa tanggal 21 Oktober dilaksanakan Hari Ikan Nasional di Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Diharapkan Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta beserta Forkopimda bisa hadir pada acara itu.

“Kami mengundang Pj. Bupati Jepara beserta Forkopimda untuk bisa hadir di Jakarta, karena tema Harkanas kali sangat spesial, Ikan untuk Generasi Emas,” ucapnya.

Kepala Subdirektorat Pemantauan dan Evaluasi Direktorat Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ari Sugasri menyampaikan, KLHK siap berkaborasi dengan dengan Kabupaten Jepara. Ari Sugasri menjelaskan, KLHK mencatat 69,2 juta ton sampah setiap hari. Dari jumlah itu, 58 persen merupakan sampah organik, dan Kabupaten Jepara mampu memanfaatkan sampah organik tersebut.

“Saya yakin di Kabupaten Jepara mampu mengolah sampah organik dan bisa dikerjasamakan dengan Dinas Perikanan,” tuturnya.

Sebagai kabupaten yang mendapatkan Piala Adipura Kencana, Jepara menjadi Trendsetter Kabupaten atau kota-kota di Indonesia dalam pengelolaan sampah. Di Jawa Tengah hanya ada dua kabupaten yang direkomendasikan untuk belajar pengolahan sampah, termasuk Kabupaten Jepara dan Banyumas.

“Kami sampaikan ke kepala daerah di Indonesia, kalau mau belajar sampah, silakan datang ke Jepara. Semoga kegiatan ini menjadi awal yang baik, untuk berkolaborasi dengan Diskan dalam mendukung olah sampah yang lebih baik dan berkelanjutan,” papar Ari Sugasri.

Kepala Diskan Kabupaten Jepara, Elida Farikhah menegaskan, tujuan kegiatan ini untuk memasyaratkan gemar makan ikan dan untuk mendukung peningkatan gizi menuju generasi emas 2045.

Total ikan yang akan dibakar sebanyak 5000 ikan. Adapun jenisnya ada ikan lele 320 kilogram, ikan nila 187 kilogram, dan ikan laut 130 kilogram, ikan bandeng 75 kilogram.

Tidak hanya itu, dari BPBD Kabupaten Jepara sudah menyiapkan 2 ekor kambing yang sudah dimasak, serta dari Dinsospermasdes menyediakan 1500 nasi bungkus untuk masyarakat. Selanjutnya, masyarakat yang hadir bisa menikmati ikan yang sudah dibakar bersama Forkompinda.

Ikan bakar itu nantinya akan dimasak dengan bumbu serepeh. Bumbu ini merupakan bumbu khas Kepulauan Karimunjawa.

Sebanyak 30 chef dari Pati, Kudus, Demak, Jepara, Blora, dan Rembang (Padkujembara) dikerahkan dalam Event itu. Selain itu juga 100 anak sekolah jurusan tata boga dari SMKN Batealit dan SMKN 1 Kalinyamatan.

“Silakan masyarakat untuk menikmati ikan yang sudah dibakar, bersama pak bupati dan forkopimda,”ucapnya.

Pada kesempatan itu, menyerahkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita stunting, Bantuan Pengolahan Ikan (UPI) 2 unit kepada Poklahsar Barokah Desa Kelet dan Teratai Desa Bandengan, bantuan Sarana Mobilisasi Hasil Produksi Garam Rakyat, berupa 5 unit perahu kepada 5 Kelompok Usaha Garam Rakyat. Kemudian bantuan hibah mesin kapal dan bahan jaring kepada KUB Insan Sejahtera Desa Panggung, bantuan hibah mesin kapal KUB Himmah Laut Desa Karangaji, bantuan hibah Cool Box, Solar Cell, aki kepada KUB Kampoeng Asem Desa Kedungmalang, yang semuanya dari Dinas Perikanan Kabupaten Jepara. Dari Kementerian Kelautan dan Perikanan 1 paket sarapan budidaya lele bioflok diberikan kepada Kelompok Sahabat Difabel Desa Ngabul, serta Kelompok Sorban Desa Pekalongan Kecamatan Batealit.*

Reporter : Petrus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini