Beranda Nasional Paguyuban Kepala Desa Sang Pamomong Kabupaten Batang Gelar Ngopi Bareng LSM dan...

Paguyuban Kepala Desa Sang Pamomong Kabupaten Batang Gelar Ngopi Bareng LSM dan Media untuk Batang Tercinta

119
0
Gambar : Pengurus Paguyuban Kepala Desa Sang Pamomong Kabupaten Batang Menggelar Kegiatan Refleksi Akhir Tahun, Ngopi Bareng LSM dan Media (19/12/2023).

IKNews, BATANG – Jelang akhir tahun 2023, pengurus Paguyuban Kepala Desa Sang Pamomong Kabupaten Batang menggelar kegiatan refleksi akhir tahun bertajuk “Ngopi Bareng LSM dan Media untuk Batang Tercinta” acara tersebut berlangsung di Desa Besani, Cafe D’Blado, Kecamatan Blado, Kebupaten Batang. Selasa (19/12/2023).

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memperkuat tali silaturahmi serta membangun sinergitas antar kepala desa dengan media, LSM NGO, serta Dispermasdes dan Kesbangpol Kabupaten Batang. Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dispermasdes Rusmanto, Kepala Kesbangpol Agung Wisnu Barata, Ketua Paguyuban Kepala Desa Sang Pamomong Batang Ahmad Rozikin, Dewan penasehat Mbah Pari, dan Pengurus Sang Pamomong dari 15 kecamatan se-Kabupaten Batang.

Rusmanto Kepala Dispermasdes menyampaikan, bahwasanya kegiatan ini merupakan inspirasinya meskipun sesuai tugas pokok masing-masing namun tetap untuk kebaikan Kabupaten Batang.

“Kita pengen batang itu mau seperti apa, dan kita akan berjuang bareng untuk Kabupaten Batang sehingga sistem pemerintahan desa ini juga akan berjalan dengan baik, tugas-tugas kita juga bisa jalan bareng,” tegasnya.

Selain itu, ia juga menginformasikan bahwa kedepan tahun 2024 untuk sistem pengelolaan keuangan di pemerintah desa sudah menggunakan sistem Cash Management System (CMS) atau pembayaran non tunai.

“Diharapkan kedepannya ini untuk penyimpangan-penyimpangan sudah bisa berkurang, kalau penyimpangan sudah berkurang berarti tugas LSM dan media juga sudah berhasil, karena yang seharusnya diawasi sudah berada di relnya (jalurnya) sehingga tinggal kedepan untuk kemitraan bisa tetap terjaga dan terjalin dengan baik,” jelasnya.

“Kalau sudah CMS itu nanti semisal ada kegiatan yang tahun ini sudah selesai mungkin karena tuntutan di lokasi volumenya tidak sesuai dengan perencanaan, itu kalau secara sistem CMS itu otomatis nanti yang terbayar adalah yang sesuai dengan volume pekerjaannya,” imbuhnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab antara kepala desa dan media LSM serta NGO guna membangun keakraban dan berbagi pendapat maupun gagasan guna membangun kemitraan atau sinergi yang baik tanpa adanya perbedaan lalu dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Selanjutnya, Ketua Sang Pamomong Kabupaten Batang Ahmad Rozikin menyampaikan rasa syukur, serta mengucapkan terima kasih dengan terselenggaranya acara ini dengan baik.

“Mudah-mudahan pertemuan ini sebagai awal mukodimah Saya, media, LSM, dan NGO bertemu dengan para kepala desa, rasa-rasanya Batang itu tambah suasananya aman dan nyaman,” ucapnya.

“Meski profesi yang berbeda namun punya tanggung jawab yang sama yaitu membawa suasana Batang yang kondusif, apalagi kita ketemu di akhir tahun 2023 sebagai refleksi menjelang tahun 2024,” katanya.

Ahmad Rozikin menyebut acara ini terselenggara berkat para inisiator yang punya suatu gagasan melalui Dispermasdes serta dari perwakilan NGO, LSM, dan media hingga acara ini terselenggara dengan baik.*

Reporter : Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini