Beranda Nasional Kirab Merah Putih Meriahkan Muktamar Sufi Internasional 2023

Kirab Merah Putih Meriahkan Muktamar Sufi Internasional 2023

62
0
Gambar : Acara Kirab Merah Putih Yang Di Ikuti Ribuan Peserta Dari Seluruh Unsur Masyarakat.(28/8/2023).

IKNews, KOTA PEKALONGAN – Kirab Merah Putih yang diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh unsur masyarakat turut memeriahkan penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Muktamar Sufi Internasional atau World Sufi Assembly Conference Tahun 2023 di Kota Pekalongan.

Kegiatan kirab yang dipimpin langsung oleh Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya selaku Pimpinan atau Ketua World Sufi Assembly (WSA), sekaligus Rais Aam Idarah Aliyah Jam’iyyah Ahluth Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) dan diikuti oleh sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari Forkopimda, TNI, dan Polri, organisasi masyarakat serta pelajar dengan membawa bendera sepanjang 1.001 meter.

Kirab yang juga dimeriahkan oleh parade alusista hingga Drumband ini mengambil titik Start dari Stadion Hoegeng Pekalongan-Jalan Kemakmuran-Jalan Imam Bonjol-Jalan Pemuda-Jalan Hayam Wuruk-Jalan Dr Cipto-Panggung Kehormatan depan Hotel Nirwana Jl Dr Wahidin dan Finish di depan Gedung Kanzus Sholawat Kota Pekalongan, Senin (28/8/2023).

Sepanjang acara berlangsung, banyak masyarakat Kota Pekalongan yang antusias memadati jalur kirab dan turut menyaksikan kemeriahan acara tersebut.

Usai mengikuti kirab, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mengaku bersyukur bahwa pelaksanaan kirab merah putih dalam rangka menyambut Muktamar Sufi Internasional yang pada tahun 2023 ini digelar di Kota Pekalongan bisa berjalan lancar yang dimulai pukul 13.00 -15.30 WIB (ba’da Ashar).

“Kirab merah putih ini masih satu rangkaian Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 di Kota Pekalongan,” ucap Mas Aaf, sapaan akrab Wali Kota Pekalongan tersebut.

Mas Aaf menyebutkan, dalam kirab ini melibatkan jajaran TNI, Polri, Pemkot, organisasi masyarakat, dan unsur masyarakat lainnya. Pihaknya berharap, kegiatan kirab ini semakin menguatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap tanah air Indonesia, dimana NKRI tetap harga mati.

“Setelah kirab ini selesai, sore ini kami langsung cek lokasi persiapan untuk acara Pembukaan Muktamar Sufi Internasional 2023. Mudah-mudahan semua rangkaian acaranya berjalan lancar, karena segala persiapan dan koordinasi sudah dimaksimalkan,” katanya.

Mas Aaf menekankan, arus lalu lintas dalam pelaksanaan Rangkaian Muktamar Sufi Internasional berlangsung diharapkan tetap berjalan lancar dan kondusif. Muktamar Sufi Internasional Tahun 2023 di Kota Pekalongan dijadwalkan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 29 Agustus 2023.

“Setelah membuka acara Muktamar Sufi, Bapak Presiden Jokowi juga menghendaki untuk meninjau langsung salah satu pasar tradisional di Kota Pekalongan. Kunjungan ke pasar tersebut juga sudah kami siapkan semuanya dan beliau akan memberikan bantuan kepada 200 orang pedagang di pasar tersebut,” pungkasnya.*

Reporter : Dian/Agung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini