Beranda Nasional Kemarau Panjang, Sekda Ingatkan Potensi dan Bahaya Kebakaran

Kemarau Panjang, Sekda Ingatkan Potensi dan Bahaya Kebakaran

80
0
Gambar : Kemarau Panjang, Sekda Ingatkan Potensi dan Bahaya Kebakaran, (1/9/2023).

IKNews, JEPARA – Sekda Jepara Edy Sujatmiko mengingatkan kepada masyarakat potensi kebakatan pada musim kemarau panjang tahun ini. Selain itu, Edy mengingatkan bahaya membuang puntung rokok sembarangan.

Hal ini disampaikan Sekda Jepara Edy Sujatmiko saat silaturahmi di Musala Al-Islah Desa Keling, Jumat 1 September 2023. Rangkaian kegiatan safari Jumat ini, Sekda mewakili Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta. Kali ini didampingi Kepala Inspektorat Junaidi, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, Camat Keling Budi Krisnanto, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jepara, dan para pejabat terkait.

Dikatakan Edy, menilik kasus-kasus kebakaran yang terjadi di Jepara, Sekda meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada.

“Kami sampaikan ke masyarakat, masa musim kemarau panjang sekarang, terjadi kekeringan dan mudah bila terjadi kebakaran,” kata Edy.

Sekda berpesan, agar masyarakat tidak membuat sumber api yang dapat menyebabkan kebakatan. Di antaranya tidak membakar sampah, tidak membakar daun-daun kering lahan maupun di pekarangan, serta tidak membuang puntung rokok sembarangan. Banyak peristiwa kebakatan lahan berlatar belakang ketidakhati-hatian.

“Buang puntung rokok harus hati-hati. Jepara resiko tinggi kebakaran hutan. Hampir setiap Minggu ada kasus kebakaran. Seminggu ini saja, ada gudang, brak, dan rumah yang terbakar,” katanya.

Termasuk bagi pengguna kompor di rumah tangga, untuk selalu diingat bahwa saat ditinggal, api harus sudah dimatikan.

“Kalau mau ditinggal Jumatan, api jangan lupa dimatikan. Apalagi yang sudah sepuh-sepuh. Biasanya banyak yang lupa,” kata dia.

Kepada warga RT 2 RW 8, Edy juga membagikan seratus bibit buah kepada warga sekitar musala. Terdiri dari bibit buah durian dan alpukat masing-masing 50 buah. Selain itu juga bantuan perlengkapan ibadah Al-Quran, sarung, mukena, dan sajadah untuk Musala Al-Islah. Juga dari Baznas diserahkan 10 paket sembako kepada masyarakat.*

Reporter : Petrus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini