Beranda Nasional Edy Supriyanta Optimis Kabupaten Jepara Pertahankan Prestasi Adipura Kencana

Edy Supriyanta Optimis Kabupaten Jepara Pertahankan Prestasi Adipura Kencana

48
0
Gambar : Edy Supriyanta Optimis Kabupaten Pertahankan Prestasi Adipura Kencana, Jepara (7/10/2023).

IKNews, JEPARA – Sebanyak 47 titik pantau Adipura telah siap dinilai oleh tim pemantau Adipura pada tahun 2023, dengan harapan Kabupaten Jepara dapat mempertahankan prestasi Adipura Kencana yang diraih tahun lalu. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Bupati Jepara, Edy Supriyanta, saat melakukan kunjungan lapangan pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Dalam kunjungannya, Edy Supriyanta bersama pimpinan perangkat daerah menginspeksi sejumlah lokasi penilaian Adipura tahun ini. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Shopping Center Jepara (SCJ), dimana bupati memeriksa tempat sampah dan fasilitas umum, serta kebersihan Kali Wiso. Hasil pemantauan menunjukkan bahwa Kali Wiso kini telah bersih dari sampah, berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Selanjutnya, Pj. Bupati memantau sungai di depan PKU Aisyiyah, RW 1 Pungkuran, Kelurahan Panggang yang akan menjadi titik pantau kawasan permukiman. Di lokasi lainnya, seperti Jembatan Kanal, Edy Supriyanta mengimbau kepada masyarakat untuk menyediakan tempat sampah dan membersihkan rumput kering di bahu jalan.

Pj. Bupati juga melakukan peninjauan di Kawasan Pelabuhan Pantai Kartini, obyek wisata Pantai Kartini, Terminal Jepara, dan Tempat Pengelolaan Sampah (TPA) di Bandengan. Dalam pidatonya, Edy Supriyanta menyatakan komitmen Kabupaten Jepara untuk menjaga kebersihan pada tahun 2023 serta mempertahankan prestasi Adipura Kencana yang telah diraih sebelumnya.

Penilaian Adipura dijadwalkan dimulai pada Minggu, 8 Oktober 2023, dan Edy Supriyanta meminta dukungan dan kerja sama dari semua pihak, termasuk perangkat daerah, pihak swasta, dan masyarakat, untuk menjaga kebersihan dan berhasil dalam penilaian Adipura.

“Masyarakat dan pemerintah harus bersama-sama mendukung agar Jepara tetap bersih. Masyarakat harus membiasakan menjaga kebersihan termasuk memilah sampah mulai dari rumahnya masing-masing. Jadi yang organik dan anorganik dikelompokkan sesuai jenisnya,” jelasnya.

Kabupaten Jepara telah meraih piala Adipura sebanyak 16 kali, dengan 15 kali diantaranya diraih secara berturut-turut setiap tahun. Prestasi terakhir yang dicapai adalah Adipura Kencana pada 28 Februari 2023.*

Reporter : Petrus

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini