Beranda Daerah Kotamobagu Tatong Bara Cetuskan Rencana Revolusioner, Gagas Pembangunan Dua Jalan Tol

Tatong Bara Cetuskan Rencana Revolusioner, Gagas Pembangunan Dua Jalan Tol

170
0
Tatong Bara

IKNews, Kotamobagu – Menyongsong masa depan yang lebih terhubung dan dinamis, Wali Kota Kotamobagu, Ir. Hj. Tatong Bara, telah mengemukakan rencana luar biasa dalam upaya meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat Bolmong Raya. Sebagai Wali Kota perempuan pertama dengan prestasi gemilang, beliau mencetuskan inisiatif pembangunan dua jalur tol, yaitu Amurang-Kotamobagu dan Kotamobagu-Lalow.

Melalui komitmen yang kuat terhadap pembangunan infrastruktur, Wali Kota Tatong Bara mengumpulkan beberapa calon pengembang dalam pertemuan di Jakarta pada Rabu malam tanggal 30 Agustus 2023, untuk membahas langkah-langkah awal menuju proyek ambisius ini. Ide brilian ini telah mendapat respon positif dan tindak lanjut langsung dari Ibu Wali Kota, yang ingin menjajaki kemungkinan untuk memajukan wilayah ini lebih jauh.

Jalur tol Amurang-Kotamobagu muncul sebagai respon konstruktif terhadap proyek prestisius Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, yang sedang merencanakan pembangunan jalan tol Manado-Amurang. Dengan menghubungkan Kotamobagu dan wilayah Amurang dan Manado, Wali Kota Tatong Bara ingin memangkas waktu tempuh yang awalnya memakan waktu lebih dari 2 jam menjadi hanya sekitar 60 menit. Hal ini diharapkan akan menghidupkan kembali mobilitas masyarakat, terutama dalam berbagai aktivitas ekonomi.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, Wali Kota juga mengusulkan pembangunan jalan tol Kotamobagu-Lalow. Rencana ini muncul untuk mendukung mobilitas warga menuju Bandara Udara di Lolak. Dengan waktu tempuh yang diperkirakan hanya sekitar 25 menit, aksesibilitas baru ini berpotensi mengurangi waktu perjalanan dan meningkatkan efisiensi ekonomi dalam daerah ini.

Gagasannya tak berhenti di situ. Jalur tol Amurang-Kotamobagu dan Kotamobagu-Lalow akan terhubung langsung dengan Jalan Lingkar Kotamobagu, yang juga merupakan proyek yang telah diusulkan oleh Wali Kota Tatong Bara. Dengan pengembangan ini, Kota Kotamobagu semakin memperkuat statusnya sebagai pusat konektivitas, dan jalan lingkar ini juga direncanakan akan ditingkatkan menjadi jalan tol Kotamobagu.

Melalui perencanaan yang visioner ini, Wali Kota Tatong Bara berusaha merespons kebutuhan mobilitas masyarakat serta memajukan berbagai sektor penting seperti ekonomi, pendidikan, dan pariwisata. Rencana ambisius ini tidak hanya menjanjikan aksesibilitas baru, tetapi juga membawa potensi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Bolmong Raya.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini