Beranda Nasional Pemdes Cibedug Gelar Musyawarah Penanggulangan dan Cegah Stunting

Pemdes Cibedug Gelar Musyawarah Penanggulangan dan Cegah Stunting

82
0
Gambar : kegiatan rembuk stunting, dalam rangka penanggulangan dan mencegah stunting , yang digelar di aula kantor Desa Cibedug Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Jawa Barat . Selasa 04 juli 2023. Dok ( wandi azis).

IKNews, BOGOR – Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat pemerintah pusat kepada pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Pemerintah Desa Cibedud (PEMDES) adakan Rembuk stunting, dengan tema “Strategi konvergensi penanggulangan dan cegah stunting”. Musyawarah tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Cibedug, Babinsa, Babinkantibmas, Staf Kecamatan, serta RT/RW. Yang bertempat di aula Kantor Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (04/07/2023).

Dalam kesempatan ini Ilham Ayatullah selaku staf desa/kasi Kesra mengatakan kegiatan tersebut sebagai langkah untuk penanggulangan dan Pencegahan stunting.

“Alhamdulillah hari ini kita adakan kegiatan rembug stunting yang dihadiri oleh kepala desa, staf kecamatan, kader se-desa Cibedug, babinsa, babinkantibmas dan pol pp dalam rangka penanggulangan dan pencegahan stunting di Desa Cibedug, yang mana kegiatan ini sangat digencarkan oleh presiden.

Firdaus HA Selaku Staf Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan menegaskan bahwa program rembuk stunting ini merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan.

“Ya hari ini kita ada kegiatan rembuk stunting, yang mana program rembuk stunting ini adalah program pemerintah yang harus dilaksanakan untuk menanggulangi dan mencegah stunting, seperti yang dilaksanakan hari ini di Desa Cibedug, yang mana ini menggunakan anggaran dana desa, dan pada kegiatan rembuk ini yaitu untuk merumuskan, kemudian membuat program perencanaan kegiatan apa yang harus dilaksanakan nantinya dalam rangka mencegah stunting,” ucapnya.

Di tempat yang sama Ade Salman selaku pendamping Desa Kecamatan menyampaikan kepada awak media bahwa kegiatan rembuk stunting di Kecamatan Ciawi sudah dilaksanakan oleh tiga desa.

“Alhamdulillah di Kecamatan Ciawi ini kegiatan rembuk stunting sudah dilaksanakan di tiga desa yaitu Desa Cileungsi, Desa Jambuluwuk dan hari ini di Desa Cibedug, untuk besok juga masih ada jadwal di desa lain dan seterusnya, karena kegiatan rembuk stunting ini adalah kegiatan yang menjadi prioritas juga oleh Kementrian Desa, jadi artinya pemerintah desa juga harus bisa dipastikan oleh pendamping, agar dana desa itu teranggarkan untuk mencegah stunting, jadi bentuk usulan yang akan masuk ke RKP dibahas dalam kegiatan rembuk stunting ini, dan ini nantinya akan diberita acarakan agar dapat dibawa ke musyawarah Desa (Musdes),” pungkasnya.*

Reporter : Wandi Azis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini