Beranda Kabupaten Kendal Kegiatan Pembinaan 10 Program PKK dari TIM Penggerak PKK Kabupaten Kendal

Kegiatan Pembinaan 10 Program PKK dari TIM Penggerak PKK Kabupaten Kendal

37
0
Gambar: Kegiatan Pembinaan 10 Program PKK dari TIM Penggerak PKK Kabupaten Kendal, (2/7/2024).

IKNews, KENDAL – Diselenggarakan Pembinaan 10 Program PKK dari TP PKK Kabupaten Kendal bertempat di Balai Desa Pesawahan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal, Selasa (02/07/2024).

Penyelenggaraan kegiatan pembinaan 10 program PKK yang dihadiri oleh Camat Kecamatan Pegandon beserta stafnya, Ketua Tim Penggerak PKK beserta jajaran Kepengurusan Kecamatan Pegandon. Ketua Tim Penggerak PKK Desa Pesawahan beserta jajaran kepengurusan dari Pokja 1 sampai 4, Perangkat Desa, Pemdes Pesawahan, Ketua Lembaga Desa Pesawahan, Lansia Mawar Desa Pesawahan.

Camat Pegandon Junaedi, S.Sos, “Mengharapkan Tim penggerak PKK kecamatan Pegandon dapat mendukung kader-kader di desa untuk aktif ikut dalam menjalankan program-program yang telah dibuat atau direncanakan oleh pemerintah Kabupaten Kendal, terkait kegiatan pembinaan program-program PKK terkait tentang administrasi kami sudah membentuk dengan Tim Pengurus TP PKK tingkat kecamatan untuk bisa mendampingi semua Pokja 1,2,3 kemudian ketua, Bendahara, Sekretaris terkait dengan pengolahan administrasi itu kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan,” ungkap Junaedi.

“Harapan kami karena sudah direncanakan dan pelaksanaan selaku pelaksanaan sesuai dengan pedoman kita dukung, jangan sampai melaksanakan kegiatan misalnya Rakor Rapat Kerja wilayah atau rapat di tingkat desa jangan sampai gagal, harapan kami dapat bantuan support dari kecamatan diantaranya kita mensupport pendampingan atau supervisi, sebelum ini ada kegiatan pembinaan dari TIM Penggerak PKK Kabupaten kami juga mendampingi termasuk sudah mengevaluasi dari apa yang sudah dilaksanakan dan kita secara administrasi sudah kita cek terlebih dahulu,” harapannya.

Kades Pesawahan Edy Susanto, “Mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu tim penggerak PKK kecamatan karena telah bekerja dengan baik dan telah menjalankan program-program yang telah dibuat pemerintah. Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kendal menyampaikan tujuannya bahwa dilaksanakan pembinaan ini selain untuk meningkatkan kinerja, pengetahuan dan wawasan pengurus juga untuk mengetahui permasalahan atau hambatan yang dihadapi oleh para pengurus TP PKK Kecamatan di setiap wilayah kecamatan selama pelaksanaan prgram kerja sehingga kita dapat secara bersama-sama mencari solusi yang tepat, akurat, dan menyeluruh untuk meningkatkan pelaksanaan 10 program pokok PKK di setiap kecamatan,” ungkapnya.

Maksud tujuannya terkait dengan pemeriksaan atau mengevaluasi administrasi tentu ini terkait dengan catatan-catatan, jadi kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan termasuk program-program dokumentasi biar nanti PKK Pesawahan biar lebih maju lagi.

Harapannya yang pertama, “Jelas dengan pembinaan administrasi itu artinya sama kegiatan tadi itu kata Bu Titik didokumentasikan kemudian tercatat berarti benar-benar bahwa administrasi itu adalah bukti dari semua kegiatan atau program yang dilaksanakan, PKK itu Pokjanya 1, sampai 2,3,4 itu memang banyak, hal yang pertama seperti tadi karena terkait pembinaan 10 program pokoke dari pengalaman Pancasila itu terkait dengan bersinergi, dengan jam’iyah, pengajian-pengajian, ibu-ibu itu sudah selalu dilaksanakan dengan tertib,” kata Kades Edy.

Yang kedua juga sama karena Pesawahan sudah merupakan desa bebas narkoba, lha ini dari ibu-ibu ini mungkin diawali dari pengurusnya memberikan nasihat kepada anaknya tentang bahaya narkoba di lingkungan terutama dari generasi anak muda.

“Kemudian UMKM sebagian produk sendiri, ini rebana sendiri Saya tidak tau kapan latihannya tiba-tiba ikut menyemarakkan atau menampilkan, lha ini kebetulan ada pak perangkat yang nanam melon jadi ada yang agak tua disediakan atau jual di UMKM, dari sampul memanfaatkan limbah-limbah dari plastik wadah-wadah kopi susu atau apalah di buat tas itu dijual kepada kalangan jam’iyah pengajian itu untuk wadah Quran, kitab itu simpel sekali, kunir asem luar biasa sehat tidak bahaya karena tidak menggunakan bahan pengawet, bahannya terbuat dari kunir, asem, gula dan dikasih garam dan ditambah kayu manis rasa dan baunya wangi, dikemas ke dalam botol yang agak kecil dan dijual murah 3 ribu atau 4 ribu, tapi kan sudah menyehatkan, bahkan di Desa Pesawahan juga ada bordir ada kesenian juga aktif, olahraga bagus semua kegiatan, pokoknya komplit,” imbuhnya Edy.

Diharapkan dengan adanya pembinaan ini maka 10 pokok program PKK dapat terwujud dengan baik dalam perberdayaan kesejahteraan keluarga.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini