Beranda Kabupaten Nganjuk Ikut Penilaian Kemenhub RI, Kadishub Optimis Nganjuk Raih Anugerah WTN 2024

Ikut Penilaian Kemenhub RI, Kadishub Optimis Nganjuk Raih Anugerah WTN 2024

21
0
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk mengikuti penilaian penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2024 di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu (26/6/2024) pekan lalu.

IKNews, NGANJUK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk mengikuti penilaian penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) tahun 2024 di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu (26/6/2024) pekan lalu.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha adalah program penganugerahan dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia sebagai bentuk apresiasi kepada daerah yang memiliki komitmen dalam pembangunan sektor transportasi.

Dukungan dan Komitmen Pemkab Nganjuk Menjaga Keselamatan Transportasi dan Masyarakat Nganjuk Komitmen dan dukungan penilaian WTN disampaikan Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna. Mas Handoko sapaan karib Pj Bupati Nganjuk mengatakan Pemkab Nganjuk selalu berkomitmen untuk menjaga keselamatan transportasi dan Masyarakat Kota Angin.

“Peningkatan kualiatas layanan infrastruktur adalah dasar yang mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, juga merupakan prioritas pertama pembangunan Nganjuk tahun 2024-2026,” tuturnya.

Bukti komitmen kami lainnya adalah, kata Mas Handoko dengan diterbitkannya SK Bupati tahun 2024 tentang status ruas jalan di Nganjuk. Di tahun 2016 sejumlah 470 ruas jalan dan pada 2024 meningkat menjadi 916 ruas jalan.“Tidak hanya itu Dinas Perhubungan (Dishub) Nganjuk terus mendorong APDes untuk ikut memperkuat bidang transportasi. Mulai pembangunan, penerangan dan pememiliharaan jalan desa. Hingga pemeliharaan Jembatan Desa sebesar 44 Miliar, jelasnya.

“Sementara itu di Dinas PUPR menganggarkan lebih dari 112 Milyar untuk pembangunan jalan, pelebaran jalan, rekonstruksi hingga rehabilitasi jalan dan jembatan,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Mas Handoko, dukungan juga diberikan oleh Dinas Kominfo dengan digitalisasi CCTV Online serta audio visual di Kawasan Ekonomi Nganjuk. “Dan secara keseluruhan 10,5 persen dari APBD Nganjuk, di luar belanja pegawai untuk pembangunan, kenyamanan dan keselamatan bidang transportasi. Semua ini adalah wujud komitmen kami dalam melayani masyarakat Kabupaten Nganjuk,” serunya.

Inovasi dan Paparan Kadishub Nganjuk Menuju WTN 2024
Komitmen dalam pembangunan sektor transportasi dan keselamatan masyarakat Nganjuk menjadi program prioritas Dishub Nganjuk. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Nganjuk, Tri Wahju Kuntjoro, Senin (1/7/2024).

Dia menyebut, melalui WTN Pemkab Nganjuk terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya di bidang angkutan/transportasi dan fasilitas jalan yang baik bagi masyarakat.

“Dengan sarana prasarana transportasi dan kelengkapan jalan yang menunjang untuk menjaga keselamatan pengguna Jalan di Kabupaten Nganjuk. Agar masyarakat merasa aman, dan nyaman saat berkendara di Jalan,” ungkapnya.

Pada penilaian WTN kali ini, ada lima poin yang dipaparkan oleh Kadishub Nganjuk. Lima bidang tersebut, kata Tri, meliputi Bidang Lalu Lintas, Bidang Angkutan Jalan, Bidang Sarana, Bidang Prasarana dan Bidang Umum. Serta kebijakan daerah yang berisi tentang anggaran dan inovasi-inovasi.

“Berbagai program unggulan yang telah kita dilaksanakan, seperti pengembangan jaringan jalan strategis; kawasan tertib hukum, peningkatan konektivitas antar-wilayah melalui angkutan perintis, pengadaan armada transportasi umum yang Gratis untuk masyarat Kabupaten Nganjuk (Angsa Sadis), serta penerapan sistem manajemen lalu lintas yang terintegrasi,” bebernya sembari menyebut CCTV Online Diskominfo menjadi salah satu bentuk sinergi menajemen pengawasan lalu lintas.

“CCTV (AVS) Kominfo yang sebagian terpasang di Jalan A Yani sangat mendukung Kawasan Tertib Hukum (KTH) denga target 3 zero. Zero Accident, zero crime dan zero waste,” tambahnya.

Dibidang Sarana dan Prasarana, pihaknya memaparkan berbagai inovasi pembangunan yang telah diselesaikannya untuk keselamatan transportasi dan masyarakat. Diantaranya, pemasangan rambu dan  perlengkapan jalan, pembangunan Pos Palang Pintu Sebidang Rel Kereta Api beserta petugasnya atau Satpalka (Satuan Palang Kereta Api) dan digitalisasi pegujian kendaraan bermotor (E-KIR).

“Selain itu, untuk menjaga keselamatan pengguna jalan kita juga bangun Speed Bumb dan Speed Table. Agar para pengguna jalan terus berhati-hati saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Pun juga dengan penerangan jalannya, Nganjuk Padang Jingglang,” urai Tri menyebut pihaknya juga didukung  Tim Reaksi Cepat Perbaikan Jalan (URCPJ) Dinas PUPR Nganjuk dalam perbaikan infrastruktur jalan.

Untuk diketahui, Pemkab Nganjuk pernah meraih penghargaan WTN tahun 2019 ketika Sekda Nganjuk masih menjabat sebagai Kepala Dishub Kabupaten Nganjuk. Harapannya, di tahun 2024 ini Kabupaten Nganjuk bisa meraih penghargaan WTN kembali, harap Tri.

“Kami yakin dengan kolaborasi, kerjasama dan sinergi antar semua pihak Kabupaten Nganjuk dapat meraih penghargaan WTN Tahun 2024,” imbuhnya.(Rm/Kominfo)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini