Beranda Nasional Pelantikan Pengurus DPD LPM Kabupaten Purwakarta 2024-2029 Resmi Digelar

Pelantikan Pengurus DPD LPM Kabupaten Purwakarta 2024-2029 Resmi Digelar

151
0
Gambar: Pelantikan Pengurus DPD LPM Kabupaten Purwakarta 2024-2029 Resmi Digelar.

IKNews, PURWAKARTA – Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Purwakarta masa bakti 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua DPD LPM Provinsi Jawa Barat, Rahmat Sulaeman.

Acara pelantikan ini berlangsung di Pendopo Komplek Pemkab Purwakarta dan dihadiri oleh pengurus LPM Pusat, unsur Forkopimda, kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), camat, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, serta lurah dan kepala desa di Purwakarta.

Dalam sambutannya, Rahmat Sulaeman menekankan pentingnya kepekaan LPM terhadap dinamika potensi sumber daya alam. Ia berharap LPM tidak lagi hanya berfokus pada pengurusan proposal, melainkan menjadi garda terdepan dalam mendukung program-program pemerintah mulai dari tingkat pusat, daerah, hingga desa.

“Jika terdapat ketidaksejalanan antara pemerintah dan masyarakat, LPM harus mampu memberikan solusi yang baik kepada pemerintah. Karena LPM memiliki peran sebagai perencana dan pengawas. Tegur LPM jika salah, namun dukung LPM jika benar-benar mendukung kepentingan masyarakat. Mudah-mudahan hari ini menjadi saksi bagi kita untuk mulai melakukan ibadah,” ujar Rahmat Sulaeman.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Purwakarta terpilih, Irwan P Abdurrachman, menyatakan bahwa organisasi yang dipimpinnya siap bermitra dengan semua pihak untuk membangun Kabupaten Purwakarta. Ia mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan, yang menyebutkan bahwa LPM bertugas membantu pemerintah dalam pelaksanaan urusan pembangunan, sosial kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.

“LPM memiliki tugas menyusun rencana pembangunan yang partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong, serta melaksanakan dan mengendalikan pembangunan,” kata Irwan P Abdurrachman. Ia berharap kepengurusan LPM tingkat kabupaten ini dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Insya Allah, dengan adanya pengurus LPM Kabupaten Purwakarta, akan terjadi perubahan yang lebih baik dalam pembangunan maupun kegiatan sosial lainnya di Purwakarta. Namun, untuk mencapai itu semua, diperlukan dukungan dan kerja sama dari pemerintah serta unsur lainnya,” tambahnya.

Sebagai langkah awal, Irwan menyampaikan bahwa pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk menjalankan berbagai program. “Saya Irwan P Abdurrachman memohon doa dan restu dari bapak dan ibu semua agar pengurus LPM bisa menjalankan organisasi dengan amanah sebaik-baiknya. Mari kita bekerja menuju Purwakarta yang lebih baik agar terciptanya kebahagiaan di masyarakat,” tutupnya.*

Peliput : Angga

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini