Beranda Kabupaten Kendal Masjid Baitussalam Desa Pidodo Wetan Potong 17 Ekor Hewan Kurban

Masjid Baitussalam Desa Pidodo Wetan Potong 17 Ekor Hewan Kurban

35
0
Gambar: Masjid Baitussalam Desa Pidodo Wetan Potong 17 Ekor Hewan Kurban, (17/6/2024)

IKNews, KENDAL – Pada Perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, pengurus Masjid Baitussalam RT 06 RW 01 Dukuh Klangenan Desa Pidodo Wetan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal, melaksanakan pemotongan hewan kurban pada Senin, (17/06/2024).

Sebanyak tujuh belas ekor hewan kurban yang terdiri dari lima ekor sapi satu ekor kerbau dan sebelas ekor kambing disembelih pada tanggal 17 Juni 2024.

Pemotongan hewan kurban dimulai setelah pelaksanaan sholat Idul Adha. Sholat ini dipimpin oleh Ustadz Rosyidin sebagai imam masjid dan dilanjutkan dengan penyembelihan yang dilakukan oleh seluruh panitia kurban yang telah dibentuk sebelumnya.

H. Ali Anwar sebagai Takmir sekaligus Ketua Panitia Kurban Masjid Baitussalam, menjelaskan bahwa kegiatan penyembelihan hewan kurban di Masjid Baitussalam merupakan cerminan dari makna Hari Raya Idul Adha. “Penyembelihan hewan kurban di Masjid Baitussalam Desa Pidodo Wetan merupakan representasi dari makna Hari Raya Idul Adha,” ujarnya.

Lebih lanjut H. Ali Anwar menambahkan bahwa hewan kurban yang disembelih terdiri dari lima ekor sapi satu ekor kerbau dan sebelas ekor kambing. Hewan-hewan ini didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan kepada peserta kurban.

“Disamping kita secara relisius secara agama kita mengikuti Risalah Nabi Adam yaitu Berkurban dan sebagai wujud suka cita menjalani ibadah,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan penyembelihan hewan kurban ini juga dimaksudkan untuk memberikan teladan kepada masyarakat mengenai pentingnya berbagi dan berkurban sesuai dengan perintah agama.

“Kami ingin masyarakat khususnya Desa Pidodo Wetan berharap biar masyarakat ada kebersamaan antara yang tidak punya dan yang punya tenggang rasa, untuk kita setahun sekali bisa berbagi bisa berkurban sebagai peningkatan ibadah dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan,” tambahnya.

Sementara Mr. Baron sebagai panitia, “Tujuannya nanti setelah ekor kurbannya sapi kerbau dan kambing dipotong dibagi-bagikan keseluruhan keluarga warga Dukuh Klangenan Pidodo Wetan termasuk para janda, yatim piatu dan fisabilillah, biar lebih maju, kami sebagai panitia nanti agar semua warga punya antusias untuk bisa kurban lebih besar lagi dari pada sekarang,” harapannya.*

Peliput: Isti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini