Beranda Daerah Bolmong Jusnan Mokoginta Dorong Moderasi Beragama untuk Perdamaian di Bolaang Mongondow

Jusnan Mokoginta Dorong Moderasi Beragama untuk Perdamaian di Bolaang Mongondow

87
0
Pj Bupati Bolmong Saat Menghadiri Dialog Moderasi Beragama yang digelar Forum Kerukunan Antar Umat. Selasa 11 Juni 2024. (Gie)

IKNews, Bolmong – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow, dr. Jusnan Mokoginta, turut hadir dalam kegiatan moderasi beragama yang diadakan oleh Forum Kerukunan Antar Umat pada Selasa, 11 Juni 2024, di Efthree Homestay Kotamobagu.

Kegiatan ini didapuk langsung oleh dr. Jusnan Mokoginta, mencerminkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung dialog lintas agama untuk mencapai perdamaian dan harmoni.

Dalam pidatonya, dr. Jusnan menekankan pentingnya moderasi beragama sebagai jalan untuk menciptakan kehidupan beragama yang harmonis, damai, dan toleran di Bolaang Mongondow.

“Penguatan moderasi beragama dapat menjadi solusi dalam upaya perdamaian. Oleh karena itu, perlu untuk didorong moderasi beragama sebagai gerakan untuk pencegahan konflik yang masih terjadi,” ucap dr. Jusnan.

Ia berbagi pengalaman tentang konflik di Maluku Utara, tempat beliau pernah bertugas, yang membuatnya semakin yakin bahwa konflik antar manusia harus dihentikan karena mengancam masa depan umat manusia.

Menyikapi situasi ini, dr. Jusnan menekankan perlunya dukungan dari para tokoh agama dan masyarakat untuk memperkuat moderasi beragama.

“Sudah saatnya moderasi beragama terus diperkuat sebagai jembatan menanamkan nilai-nilai beragama secara moderat dan saling menghargai hak tiap-tiap insan untuk memilih keyakinan serta cara hidup yang mereka anut,” katanya.

Dalam tanggapannya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulut, Sarbin Sehe, menyatakan bahwa moderasi beragama merupakan ikhtiar untuk memupuk perdamaian di daerah-daerah yang kerap terjadi konflik.

“Solusi mengelola moderasi dalam beragama merupakan instrumen penting dalam mencegah konflik, membangun konsensus, serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bahkan dunia yang damai,” tegasnya.

Dengan demikian, kehadiran dr. Jusnan Mokoginta dalam kegiatan moderasi beragama ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam memperkuat kerukunan antarumat beragama serta mendorong terwujudnya perdamaian yang berkelanjutan di Bolaang Mongondow.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini