Beranda Wakil Rakyat DPRD Provinsi Sulut DPRD Sulut Terima KunKer DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara

DPRD Sulut Terima KunKer DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara

15
0

IKNews-SULUT– DPRD Provinsi Sulawesi Utara menerima kunjungan kerja dari DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin (24/6) siang.

Pimpinan dan Anggota DPRD Mitra tersebut diterima langsung oleh Kasub Rumah Tangga DPRD Sulut Justman Entjaurau yang mewakili Sekretaris DPRD Sulu di Ruang KIAD DPRD Sulut.

Wakil Ketua DPRD Mitra Tonny Hendrik Lasut (THL) mengatakan, kunker yang dilakukan kali ini untuk mencari informasi terkait Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kepala Daerah Tahun 2023.

“Kami butuh konsultasi, masukan study banding dengan DPRD Kabupaten dan Kota maupun Provinsi,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk Laporan Pertanggungjawaban tahun 2023 di Kabupaten Mitra agak berbeda.

“Apa bedanya? Ada beberapa kegiatan yang cukup besar, tapi tidak terealisasi itu sekitar 31 Miliar rupiah. Jadi kami butuh konsultasi untuk mengetahui perbandingan dasar-dasar apa yang akan bisa diberikan untuk LPJ, termasuk nanti kemungkinan besar akan ada penolakan oleh fraksi-fraksi dalam rapat paripurna,” ungkapnya.

“Ada beberapa proyek yang sudah ditanderkan tapi tidak dikerjakan. Akhirnya TGR dan mengembalikan uang 1,6 miliar rupiah,” tambah THL.

Jadi, kata dia, kemungkinan dalam Rapat Paripurna LPJ ini mereka akan lebih keras mengkritisi.

“Karena sangat disayangkan bila anggaran DAK dikembalikan. Kalau dikembalikan yang rugi masyarakat. Kita DPRD sudah menganggarkan, jadi nanti kita rugi karena ada sanksi jika DAK tidak terealisasikan, dan kemungkinan tidak akan dapat lagi anggaran untuk tahun 2025 dan 2026 tergantung pemerintah pusat, karena ini juga lumayan sekitar 80 Miliar miliar tahun berikut tidak dapat,” terang THL.

Dikatakannya, anggaran ini terjadi dimasa transisi pemerintahan, dimana tender di awal tahun 2023.

“Bapak Ronald Sorongan menggantikan Bapak James Sumendap pada 25 September 2023, tapi kan anggaran sampai 31 Desember 2023. Jadi ada dua Bupati,” kata THL.

Sementara itu Kasub Justman ikut membenarkan kalau kunker DPRD Mitra ini lebih fokus pada menanyakan LPJ Pemprov Sulut untuk jadi pembanding.

“Jadi kami mengatakan bahwa pekan lalu sudah membahasnya, dan hari ini sudah ada penandatanganan laporan LKPJ-nya,” ujarnya

(Des)*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini