Beranda Daerah Kotamobagu Disperindagkop dan UKM Kotamobagu Sukses Gelar Diklat Perkoperasian untuk Tingkatkan Kualitas...

Disperindagkop dan UKM Kotamobagu Sukses Gelar Diklat Perkoperasian untuk Tingkatkan Kualitas SDM

60
0
Suasana Pembukaan Diklat Perkoperasian yang digelar Disperindagkop dan UKM Kotamobagu (Lamk)

IKNews, Kotamobagu – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disdagkop-UKM) Kotamobagu melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Perkoperasian di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, yang dimulai pada Selasa (11/6/2024) dan akan berlangsung hingga 13 Juni mendatang.

Acara ini diikuti oleh 30 pelaku koperasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola koperasi. Asisten II Pemkot Kotamobagu, Adnan Masinae, dalam sambutannya menegaskan peran strategis koperasi dalam menciptakan masyarakat yang maju, adil, dan makmur.

“Koperasi memiliki peran strategis dalam menciptakan masyarakat yang maju, adil, dan makmur. Tujuan utama koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat serta menjadi bagian tak terpisahkan dari tatanan nasional yang demokratis dan berkeadilan,” ujar Adnan.

Lebih lanjut, Adnan menekankan pentingnya SDM yang kompeten dalam mengelola koperasi. “SDM yang mampu mengelola koperasi dengan baik sangat dibutuhkan. Faktor-faktor seperti visi dan misi yang jelas, kepemimpinan yang kuat dan amanah, serta partisipasi anggota yang tulus sangat penting untuk mencapai tujuan koperasi,” tambahnya.

Transparansi, kerjasama, dan modal juga disebut sebagai elemen kunci dalam memajukan koperasi.

Kepala Dinas Disdagkop Kotamobagu, Ariono Potabuga, dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan penyelenggaraan diklat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, kapasitas, serta memperbaiki sikap dan perilaku SDM koperasi. “Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap perilaku SDM koperasi,” ujarnya.

Ariono juga mengungkapkan bahwa sejak tahun 2020 hingga 2023, Disdagkop-UKM Kotamobagu telah melatih 396 pelaku koperasi. “Peserta yang kami latih berjumlah 30 orang. Dari tahun 2020 hingga 2023, kami telah melatih total 396 orang. Jika ini diimplementasikan dengan baik, akan muncul koperasi-koperasi yang sehat di Kota Kotamobagu,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah Asisten II Pemkot Kotamobagu dan 30 pelaku koperasi dari Kota Kotamobagu. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan produktivitas koperasi di daerah tersebut.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini