Beranda Daerah Kotamobagu Pemkot Kotamobagu Maksimalkan Pelayanan KTP Digital untuk Seluruh Masyarakat

Pemkot Kotamobagu Maksimalkan Pelayanan KTP Digital untuk Seluruh Masyarakat

44
0
Ilustrasi E-KTP Digital

IKNews, Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersiap memperluas layanan KTP Digital untuk memenuhi kebutuhan identitas digital masyarakatnya.

Kepala Disdukcapil, Roy Paputungan, mengungkapkan rencana tersebut dalam konferensi pers pada Rabu (21/2/2024). Menurutnya, langkah ini merupakan upaya maksimal dalam mengoptimalkan penggunaan identitas kependudukan digital.

“Kami akan mengadakan program jemput bola untuk memperluas pelayanan KTP Digital ke berbagai instansi pemerintah, perguruan tinggi, dan desa/kelurahan di Kotamobagu,” kata Roy.

Roy menegaskan bahwa meskipun KTP digital sudah berlaku sejak tahun sebelumnya, masih diperlukan pemahaman lebih lanjut di kalangan masyarakat. Kerjasama dengan berbagai lembaga juga diperlukan agar KTP digital dapat diakui sebagai identitas resmi selain KTP fisik.

“Pelayanan KTP Digital akan kami tingkatkan setelah pemilu tahun 2024, dimulai dengan pemilih pemula dan kemudian kami akan merambah ke masyarakat umum setelah pelayanan KTP fisik normal kembali,” tambahnya.

Perlu dicatat bahwa KTP Digital akan menggantikan e-KTP sebagai penanda identitas Warga Negara Indonesia (WNI), dengan KTP Digital dapat diakses secara online, berbeda dengan bentuk fisik dari e-KTP.

Reporter: Gie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini