Beranda Malang Raya Kabupaten Malang Gubernur Khofifah dan Pj. Sekda Kabupaten Malang Hadiri Launching SPAM Singosari

Gubernur Khofifah dan Pj. Sekda Kabupaten Malang Hadiri Launching SPAM Singosari

99
0
Gambar : Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, S. Sos. memberikan bingkisan ke Ibu-ibu Dusun Sumbul, Desa Klampok, Kec. Singosari, Kab. Malang (27/1/2024).

IKNews, MALANG – Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Nurman Ramdansyah, S.H., M.Hum hadir pada acara Launching Pembangunan SPAM Singosari oleh Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indarparawansa, S.Sos di Dusun Sumbul Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu (27/1/2024). Pj. Sekda Kabupaten Malang menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Jawa Timur. Pasalnya, merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pihaknya dapat menerima kunjungan gubernur beserta rombongan jajaran Kepala OPD di Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke wilayah Kabupaten Malang.

“Terima kasih telah berkenan hadir dan menyempatkan waktu di sela kesibukan dalam menjalankan tugas negara. Mudah-mudahan dedikasi Ibu Gubernur dapat menjadi motivasi bagi kita semua yang ada di daerah, agar senantiasa memiliki totalitas dan loyalitas tinggi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” ucap Pj. Sekda Kabupaten Malang saat membacakan sambutan Bupati Malang.

Pj Sekda Kabupaten Malang mengatakan sumber daya air mempunyai peran penting bagi kehidupan. Namun patut disadari bahwa semakin meningkatnya jumlah penduduk, semakin berkembangnya daerah pertanian dan pemukiman, berubahnya iklim dan cuaca, serta menurunnya daerah resapan, menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan antara pemanfaatan dan ketersediaan air dalam jumlah maupun kualitas yang mencukupi. Apabila tidak diantisipasi, persoalan ketidakseimbangan ini dikhawatirkan akan menjadi sumber konflik di masa yang akan datang.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Malang menyadari betul bahwa pengelolaan sumber daya air perlu diarahkan untuk mewujudkan keterpaduan yang harmonis antar wilayah, antar sektor, dan antar generasi. Karena air bukan hanya dimanfaatkan bagi seluruhnya saat ini, tapi juga oleh anak cucu generasi penerus selanjutnya. Untuk itu pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, baik terkait konservasi, maupun pendayagunaan dan pengendaliannya, mutlak diperlukan,” lanjut Nurman.

“Keberadaan infrastruktur SPAM yang dibangun dengan baik ini, hendaknya dapat diimbangi dengan penggunaan air yang bijak dan Maintenance atau perawatan yang baik pula oleh masyarakat, sehingga fungsi dan manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan atau jangka panjang. Harapannya, hal ini benar-benar dapat dipahami, dan dapat diikuti dengan partisipasi aktif masyarakat untuk bergotong-royong dalam menyukseskan program pembangunan SPAM Singosari. Dimana hal ini perlu diupayakan agar nantinya pembangunannya dapat berjalan dengan lancar, sehingga sumber daya air ini benar-benar dapat dikelola secara bijaksana, menyeluruh, terpadu, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan,” ungkap Nurman.

Pada gilirannya hal tersebut, Pj. Sekda Kabupaten Malang berharap SPAM ini juga mampu memenuhi kebutuhan air masyarakat yang akan berdampak pada peningkatan kesehatan dan produktivitas masyarakat secara menyeluruh. Sembari berharap kembali, Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan kepada kita semua, khususnya dalam pelaksanaan kegiatan ini agar dapat mencapai tujuan sebagaimana kita harapkan. Aamiin. Selanjutnya dimohon dengan hormat kepada Ibu Gubernur agar dapat memberikan arahan, sekaligus menyapa masyarakat Kabupaten Malang yang ada di wilayah Kecamatan Singosari,” pungkasnya.*

Reporter : Dwi Suryono

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini