Gambar : Poltekkes Semarang Gelar Monitoring dan Evaluasi di Klinik Dharma Syifa Sumberejo Kaliwungu, (7/12/2023).

IKNews, KENDAL – Poltekkes Semarang mengadakan kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) pengabdian masyarakat dengan tema pemberdayaan kader kesehatan dalam upaya penurunan angka kematian ibu melalui Derli TBH (kader peduli tanda bahaya ibu hamil) di Klinik Darma Syifa Desa Sumber Rejo Kecamatan Kaliwungu, Kamis (07/12/2023).

Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan mulai bulan Juni sampai dengan November 2023, dan pelaksanaan Monev dilakukan tanggal 7 Desember 2023.

Acara yang digelar di aula klinik tersebut dihadiri 30 orang, terdiri dari tim pengabdian masyarakat, bidan desa, Ibu PKK, dan Kader Desa Sumberejo dan undangan lainnya dari unsur perintah desa.

Dalam sambutannya, Bidan Desa Darmastuti S.St. Keb.BDn menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini.

Pihaknya berharap diselenggarakan kegiatan ini bisa membantu penurunan angka kematian ibu melalui peran kader yang peduli pada tanda bahaya ibu hamil.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan bersama Poltekkes Semarang,” harap Darmastuti.

Di tempat sama, Budi Astyandini Ketua Pengabdian Masyarakat Poltekkes Semarang memberikan materi Refreshing tanda bahaya pada ibu hamil.

“Saya berharap kegiatan ini bisa dilakukan secara mandiri, terutama bila ditemukan ibu hamil yang memiliki tanda bahaya, dapat segera dirujuk ke bidan desa setempat, agar angka kematian ibu bisa ditekan,” pintanya.

Acara selanjutnya ditutup dengan testimoni dari peserta untuk membagikan pengalaman saat melakukan sosialisasi dan merujuk kasus ibu hamil dengan tanda bahaya.

Reporter : isti

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here