Gambar : Kerugian Materi Capai Puluhan Juta Akibat Longsor di Kecamatan Nasal, (1/12/2023).

IKNews, KAUR – 2 Kejadian longsor di 2 tempat dalam satu malam menyebabkan kerugian material senilai puluhan juta rupiah.

Dua kejadian longsor di dua tempat berbeda menyebabkan kerugian material senilai puluhan juta rupiah. Tanah longsor tersebut di Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur, tepatnya di lesehan tikungan manis, dimana longsor tersebut menimbun kolam ikan lele yang sudah siap panen, pemilik kolam, nyonya Suryati menjelaskan bahwa kerugian yang dialami akibat longsor diperkirakan capai Puluhan Juta Rupiah.

Menurutnya, peristiwa longsor di tikungan manis merupakan kejadian kedua setelah pada tahun lalu tanah longsor juga terjadi di lahan miliknya yang menimpa rumahnya akibat tebing setinggi +- 10 meter. Longsor akibat curah hujan yang tinggi.

Untuk kronologi kejadian di Desa Ulak Pandan seperti disampaikan Kepala Desa, A razid juga diawali dari hujan deras tadi malam, bukan saja terjadi longsor, tetapi sempat juga terjadi banjir kiriman di desanya.

Dari kejadian musibah longsor tersebut, kades meminta agar warga masyarakat harus mewaspadai situasi di sekitar kediaman masing-masing, karena memang cuaca saat ini masuk di musim hujan pada beberapa waktu terakhir masih sangat potensial diguyur hujan dalam intensitas tinggi dan jangka waktu lama.

“Apabila menemukan potensi longsor maupun banjir di sekitar lokasi tempat tinggal, silahkan hubungi kami dan akan teruskan ke BPBD atau melalui relawan di wilayah terdekat agar bisa mendapatkan penanganan lebih cepat untuk meminimalisir munculnya kerugian baik materil maupun korban jiwa,” pungkasnya.*

Reporter : Pachroul

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here