Beranda Sulawesi Tenggara Buton Tengah Kemensos Berikan Bantuan Kearifan Lokal Kepada Sanggar Seni Posangu Talagi Tolandona Matanaeo

Kemensos Berikan Bantuan Kearifan Lokal Kepada Sanggar Seni Posangu Talagi Tolandona Matanaeo

1617
0
Gambar : Kelompok Sanggar Seni Posangu Talagi Desa Tolandona Matanaeo saat menerima secara simbolis bantuan Kemensos RI, Kamis (28/12/2023). Foto : Muhammad
Gambar : Kelompok Sanggar Seni Posangu Talagi Desa Tolandona Matanaeo saat menerima secara simbolis bantuan Kemensos RI, Kamis (28/12/2023). Foto : Muhammad

IKNEWS, BUTON TENGAH – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) memberikan bantuan kearifan lokal kepada kelompok Sanggar Seni Posangu Talagi Desa Tolandona Matanaeo ,Kecamatan Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Tengah, Sultra. Di Gedung Kesenian Kecamatan Lakudo bertepatan Perayaan Hari Ibu Nasional ke 95 tahun, Kamis (28/12/2023).

Ketua Sanggar Seni Posangu Talagi Waode Lisdayati Mursidi menyampaikan Sanggar Seni Posangu Talagi adalah lembaga atau sebuah sanggar yang didirikan didesa tolandona matanaeo yang dikelola secara sederhana dengan swadaya dengan tujuan memberikan wadah bagi para remaja untuk menyalurkan bakatnya khususnya seni tari olah fokal serta senam kreasi.

Gambar : Salah satu Produk kearifan lokal kelompok Sanggar Seni Posangu Talagi. Foto : Muhammad
Gambar : Salah satu Produk kearifan lokal kelompok Sanggar Seni Posangu Talagi. Foto : Muhammad

“Bantuan kearifan lokal dan penguatan ekonomi produktif diberikan juga bertujuan sebagai upaya pencegahan konflik sosial penyebaran paham radikalisme dan terorisme serta penguatan usaha ekonomi produktif di sekitar lingkungan penerima manfaat senilai 50 juta rupiah” Kata Lisdayati saat dimintai tanggapanyan usai menerima bantuan hibah.

Lisdayati menambahkan dana tersebut lansung di transfer ke rekening kelompok sanggar seni Posangu Talagi dan pengelolaanya diatur oleh kelompok kami sesuai dengan kebutuhannya yaitu untuk kebutuhan peralatan seni.

“Seluruhnya mencukupi untuk pementasan seni tari, alat musik, sedangkan untuk penguatan ekonomi  seni tari alat musik, kostum tari, aksesoris, sedangkan untuk penguatan ekonomi produktif kelompok diaplikasikan dalam bentuk mesin penggiling beras, kuali, kompor minyak goreng, gula aren, dan beras ketan putih” Katanya.

Bantuan kementerian sosial tersebut disalurkan demi mengaktualisasikan nilai-nilai kearifan lokal untuk menjaga mental masyarakat agar tetap dan terus menjaga kelestarian nilai-nilai seni budaya agar terhindar dari paham paham radikalisme, selain itu sebagai penguat ekonomi bagi anggota kelompok sanggar seni posangu talagi.

“Bantuan ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kelompok kami yang memang membutuhkan alat atau seragam untuk pementasan yang harus segera diperbaharui atau Upgrade, selain itu bantuan sektor penguatan ekonomi bisa menjadi penopang kehidupan para anggota” Katanya.

Sebelum menutup Lisdayati atasnama  Sanggar Seni Posangu Talagi berterimakasih kepada kementerian sosial melalui Dinas Sosial Kabupaten Buton Tengah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah yang telah memberikan arahan dan motivasinya sehingga semua dapat terlaksana dengan baik kepada penerima yaitu Sanggar Seni Posangu Talagi.

Peliput : Muhammad Shabuur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini