Beranda Sulawesi Tenggara Buton Tengah Kelompok Kesenian Sanggar Koke’s Hamzah Buton Tengah Terima Bantuan 50 Juta dari...

Kelompok Kesenian Sanggar Koke’s Hamzah Buton Tengah Terima Bantuan 50 Juta dari Kementrian Sosial RI

1573
0
Gambar : Penyerahan bantuan senilai 50 juta rupiah dari Kementerian Sosial Republik Indonesia kepada Kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah, Kamis (28/12/2023). Foto Muhammad
Gambar : Penyerahan bantuan senilai 50 juta rupiah dari Kementerian Sosial Republik Indonesia kepada Kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah, Kamis (28/12/2023). Foto Muhammad

IKNEWS, BUTON TENGAH – Kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah, yang bermarkas di Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, meraih bantuan senilai 50 juta rupiah dari Kementerian Sosial Republik Indonesia. Dana tersebut disalurkan sebagai bentuk dukungan untuk memperkuat kearifan lokal dan mendorong perkembangan ekonomi produktif di wilayah Buton Tengah.

Gambar : Ucapan Terimakasih Kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah, Kepada Kemensos, Kamis (28/12/2023). Foto Muhammad
Gambar : Ucapan Terimakasih Kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah, Kepada Kemensos, Kamis (28/12/2023). Foto Muhammad

Bantuan ini diberikan di Gedung Kesenian Lakudo, Kamis (28/12/2023). Oleh Penjabat Bupati Buton Tengah, Andi Muhammad Yusuf pada peringatan Hari Ibu Nasional (PHI) disalurkan dengan tujuan utama untuk mendukung dan melestarikan kesenian daerah, terutama dalam bidang seni dan budaya, tari. senam dan perlengkapan baju adat, puisi semua jenis seni dan budaya yang telah tumbuh dan berkembang di masyarakat, khususnya di Kabupaten Buton Tengah.

Dana bantuan langsung ditransfer ke rekening kelompok dan akan dikelola sesuai dengan kebutuhan yang telah ditentukan. Sebagian dana tersebut akan digunakan untuk membeli peralatan seni, yang akan digunakan dalam pertunjukan kelompok Sanggar Koke’s Hamzah.

Hal ini diungkapkan oleh Wa Ode Himawati Hamzah, selaku pembina kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah, yang menyatakan bahwa bantuan ini merupakan langkah penting dalam mendukung seni pertunjukan lokal.

Sementara itu, untuk mendukung penguatan ekonomi produktif, kelompok ini juga akan mengalokasikan bantuan ini, manfaatnya kedepan akan di jadikan modal pengolaan dan penjualan jambu mette untk dapat menjadi sumber penghasilan tambahan kelompok sanggar. Usaha ini akan dikelola oleh anggota kelompok dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi mereka.

Wa Ode Himawati Hamzah menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diterima oleh kelompok Sanggar Koke’s Hamzah. Selanjutnya sanggar ini juga akan membuka jasa atau menyewakan baju tari, baju adat setempat dan baju adat daerah lainya.

“Bantuan ini sangat membantu dalam pengembangan kelompok kami, baik dalam melestarikan kearifan lokal maupun sebagai penguat ekonomi bagi anggota kelompok,” ujar Himawati.

Beliau juga menambahkan bahwa harapannya adalah bantuan ini tidak hanya akan berdampak positif dalam pelestarian seni budaya, tetapi juga dapat meningkatkan semangat para anggota kelompok untuk terus menjaga dan mengembangkan kearifan lokal mereka, sehingga dapat mempererat tali silaturahmi di antara mereka.

“Bantuan ini diharapkan dapat menjadi dorongan bagi kelompok kesenian Sanggar Koke’s Hamzah untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kabupaten Buton Tengah” Tutup Himawati.

Peliput : Muhammad Shabuur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini