Minsel,IKNews – Kabupaten Minahasa Selatan pada Selasa, 28 November 2023 setelah salah satu desa yang berada di Kecamatan Tareran telah di Launching Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional yaitu Desa Wiau Lapi Sebagai Perutusan Provinsi Sulawesi Utara Dalam Penilaian Program Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 Yang Mendapatkan Nilai 91,5 Dengan Kategori “istimewa” Dilaksanakan Di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, dihari yang sama Kabupaten Minahasa Selatan mendapatkan Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Tahun 2023 oleh Kementerian Kesehatan dan Penyerahan Penghargaan tersebut dilaksanakan di Kempinski Grand Ballroom, Grand Indonesia West Mall, Jakarta Pusat.

Penghargaan tersebut semakin menambah daftar panjang apresiasi atas kinerja positif , yang diraih Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH., Adapun penganugerahan Swasti Sabat atau Kota Sehat Tahun 2023 ini diumumkan dalam radiogram Menteri Dalam Negeri dan ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud pada tanggal 23 November 2023.

Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH menyampaikan bahwa kiranya Pencapaian Ini Janganlah Membuat Kita Berpuas Diri, Karena Masih Banyak Pekerjaan Yang Harus Kita Kerjakan Bersama-sama. Berbagai Langkah Konkret Harus Kita Siapkan Untuk Menghadapi Tantangan Dan Permasalahan Yang Dihadapi Masyarakat. dan berharap Semoga penghargaan ini juga menjadi inspirasi masyarakat Minahasa Selatan untuk selalu menjaga lingkungan tempat tinggal masing masing,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa penghargaan KKS bukanlah suatu lomba, melainkan apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah, karena sudah menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005. Setiap tahun genap, dilakukan verifikasi KKS tingkat provinsi. Sementara penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil. penghargaan itu menjadi bukti bahwa Kabupaten Minahasa Selatan telah memenuhi kriteria, dalam menjalankan Program Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Kemenkes. Artinya Pemkab Minsel berhasil dalam megimplementasikan program Kabupaten Sehat. (A’Lan)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here