Beranda Daerah Kotamobagu Wakil Wali Kota Kotamobagu Ikuti Prosesi Adat Poponagan Kon Komalig Mointok Sebagai...

Wakil Wali Kota Kotamobagu Ikuti Prosesi Adat Poponagan Kon Komalig Mointok Sebagai Puncak Penghormatan

34
0
Nayodo Koerniawan, S.H., mengikuti prosesi adat Poponagan Kon Komalig Mointok, yang bertujuan untuk meninggalkan Rumah Dinas Wakil Wali Kota. (Diskominfo Ktg)

IKNews, Kotamobagu – Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan, S.H., mengambil bagian dalam sebuah prosesi adat yang penuh makna, yakni Poponagan Kon Komalig Mointok, yang bertujuan untuk meninggalkan Rumah Dinas Wakil Wali Kota. Prosesi adat ini menjadi momen bersejarah yang dihadiri oleh Tua Adat, keluarga, dan tokoh masyarakat.

Prosesi dimulai dengan kunjungan Orang Tua Adat dari kediaman pribadi Wakil Wali Kota di Kelurahan Gogagoman. Mereka dengan tulus menyambut kedatangan Wakil Wali Kota beserta Istri, menyatakan kesiapan mereka dalam menerima kedatangan tersebut.

Nayodo Koerniawan, S.H., kemudian melanjutkan prosesi adat Poponagan Kon Komalig Mointok, yang melibatkan langkah-langkah khusus di dalamnya. Proses ini termasuk menginjakkan kaki pada Tolatak Sinontanday atau Tangga Kebesaran Adat, yang dimulai dengan Insingog in Poponagan oleh Tua Adat.

Setelah melalui Tolatak Sinontanday, Wakil Wali Kota menuju kendaraan yang akan membawanya ke rumah kediaman di Kelurahan Gogagoman, selalu didampingi oleh Tua Adat dan pemerintah. Di sana, dia disambut dengan hangat oleh Tua Adat Kelurahan Gogagoman bersama keluarga sebelum memasuki kediaman.

Selanjutnya, Lembaga Adat di Kediaman Pribadi di Kelurahan Gogagoman mengucapkan terima kasih kepada Tua Adat Komalig Mointok dan pemerintah atas pengantaran Nayodo Koerniawan, S.H., beserta Istri, yang telah menyelesaikan tugasnya sebagai Wakil Wali Kota Kotamobagu. Seluruh prosesi adat ini diakhiri dengan doa syukuran dan minta restu.

Prosesi ini tidak hanya menjadi bukti penghormatan terhadap Wakil Wali Kota yang telah berbakti, tetapi juga memperlihatkan kekayaan budaya dan tradisi yang dijaga dengan baik di Kotamobagu.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini