Beranda Manado BP2MI Sulut Gelar Sosialisasi Penempatan dan Pelindungan PMI di GMIM Getsemani Sumompo

BP2MI Sulut Gelar Sosialisasi Penempatan dan Pelindungan PMI di GMIM Getsemani Sumompo

143
0
BP2MI Sulut Gelar Sosialisasi Penempatan dan Pelindungan PMI di GMIM Getsemani Sumompo
Photo bersama Kepala BP2MI Sulut Hendra Makalalag, pdt Margaretha Sikopong STh dan Tokoh pemuda serta peserta sosialisasi di gedung gereja GMIM Getsmani Sumompo.(By BP2MI Sulut)

IKNews, MANADO — Tak kurang 200 orang, terdiri dari siswa/i SMK Negeri 8 Manado, Pemuda dan Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Getsemani Sumompo, serta Tokoh Masyarakat bahkan Tokoh Agama mengikuti sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Gereja GMIM Getsemani Sumompo dan dibuka langsung Kepala Balai Perlindungan dan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo Maluku serta Maluku Utara (Malut), Hendra Toku Makalalag, mewakili Kepala BP2MI RI, Benny Rhamdani, Senin (03/04/2024) siang tadi.

Kepala BP2MI Sulut, Hendra Makalalag dalam pemaparannya, menyampaikan terkait penempatan PMI dan jaminan perlindungan oleh Negara bagi PMI yang bekerja di luar negeri secara prosedural.

“Bekerja di luar negeri adalah suatu jalan keluar bagi pengentasan pengangguran dan perbaikan ekonomi keluarga namun tentunya harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar pelindungan bagi PMI dan keluarganya terjamin oleh Negara baik dari sisi pelindungan secara hukum, ekonomi maupun social,” kata Hendra.

Diketahui, pada kesempatan tersebut, Ketua Jemaat GMIM Getsemani Sumompo, Pendeta Margaretha Sikopong STh, sangat mengapresiasi Balai BP2MI Sulut, sebagai lembaga pemerintah yang bertugas melindungi PMI.

“Sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Negara melalui BP2MI dalam melindungi warga negara Indonesia yang ingin maupun sedang bekerja di luar negeri. Olehnya kami sangat mengapresiasi kegiatan ini,disamping itu kami juga berkomitmen untuk mendukung setiap program BP2MI dalam mensosialisasikan peluang kerja di luar negeri yang dapat dimanfaatkan oleh kaum muda di Sulawesi Utara maupun upaya pelindungan kepada PMI agar mendapatkan pelindungan yang optimal dari Negara,” ucap Margaretha Sikopong STh.

Dalam sosialiasi tersebut, Hendra juga membahas mengenai pentingnya peran masyarakat dalam memberikan informasi yang benar terkait bekerja di luar negeri.

“Peran serta masyarakat dari segala kalangan sangat dibutuhkan dalam penyampaian informasi yang benar terkait bekerja di luar negeri, mengingat belakangan ini marak terjadi perdagangan orang bermodus kerja di luar negeri yang tentunya sangat merugikan masyarakat yang berminat bekerja di luar negeri serta membangun opini buruk terkait PMI di tengah masyarakat,” ucap Hendra.

Mengakhiri penyampaiannya, Hendra Makalalag, menyampaikan apresiasi kepada Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Getsemani Sumompo, yang sudah memfasilitasi kegaitan ini.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Badan Pekerja Majelis Jemaat GMIM Getsemani Sumompo di Manado, yang sudah memberikan kesempatan kepada Balai BP2MI Sulawesi Utara, untuk melakukan sosialisasi sehingga informasi terkait Penempatan dan Pelindungan PMI dapat tersampaikan kepada masyarakat melalui Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat serta dunia pendidikan. Kami juga menyampaikan salam hormat dari Kepala BP2MI, Bapak Benny Rhamdani, atas fasilitasi yang sudah diberikan oleh Jemaat GMIM Getsemani Sumompo,” tuturnya.

Reporter: Matt Nasaru

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini