Beranda Sulawesi Tengah Buol Musrenbang Tingkat Kabupaten Buol Sukses Dilaksanakan

Musrenbang Tingkat Kabupaten Buol Sukses Dilaksanakan

33
0
Musrenbang Tingkat Kabupaten Buol Sukses Dilaksanakan

IKNews, Buol – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten Buol dilaksanakan. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka membahas permasalahan dan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Buol serta menyepakati program dan kegiatan yang diusulkan.

Diketahui, Kegiatan Musrenbang tersebut dilaksanakan pada Rabu, 15 Maret 2023 bertempat di Kantor Bappeda-Litbang Kabupaten Buol.

Dalam Musrenbang ini terdapat beberapa hal yang dibahas, diantaranya: menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan provinsi, dan klarifikasi program kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Pj. Bupati Buol dalam sambutannya menyampaikan beberapa isu strategis yang menjadi permasalahan dan juga tantangan di Kabupaten Buol. Adapun isu-isu yang dimaksud diantaranya adalah meningkatnya kebutuhan masyarakat terkait pemenuhan pelayanan kebutuhan dasar, pertumbuhan ekonomi yang belum merata, kemiskinan yang masih tinggi, pengeluaran perkapita yang masih rendah, minimnya investasi serta minimnya infrastruktur dalam menunjang pertumbuhan ekonomi daerah, belum optimalnya peningkatan kualitas SDM, implementasi reformasi birokrasi yang belum maksimal, terbatasnya daya dukung lingkungan, dan belum optimalnya mitigasi resiko bencana. Isu-isu tersebut kemudian dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan di Kabupaten Buol.

Adapun fokus dan prioritas pembangunan daerah diarahkan pada beberapa hal seperti penguatan infrastruktur, distribusi logistik dan layanan dasar, penguatan produk industri olahan yang berpotensi eksport, perluasan kerjasama untuk pengembangan pasar, menguatkan modal sosial dalam menjamin kondusifitas investasi, sosial dan politik, menjaga ekosistem pelaku ekonomi, pertanian, perikanan dan kelautan, pariwisata dan UMKM, dan menguatkan SDM yang berdaya saing.

Turut hadir dalam kegiatan ini pimpinan dan anggota DPRD Kab Buol; unsur Forkopimda; Sekda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati; Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah, para pimpinan OPD; pimpinan organisasi vertikal dan perbankan; serta tokoh masyarakat.***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini